Agar Dicintai Banyak Orang & Menjadi Andal Surga

Dicintai banyak orang yakni sebuah anugerah terindah sehingga kita menjadi sosok yang disukai dan dirindukan oleh banyak orang. Berikut ini yakni  petuah dari seorang hakim yang berjulukan Lukman al-Hakim. Dia berasal dari Habsyah Etiopia, seorang budak dengan telapak kaki yang kasar, berkulit hitam. Rumahnya selalu penuh sesak dikunjungi oleh banyak orang. Beliau sangat dikagumi dan dicintai oleh banyak orang, banyak orang yang ingin menhadirinya menantikan kata-kata nasihat darinya.

Bagaimana biar sanggup menjadi menyerupai dia yang dicintai banyak orang?

Alkisah, dikarenakan banyak orang yang iri dengan ketenarannya serta banyak dicintai orang, maka Lukman pun menemui keponakannya pria dan bertanya: Menurutmu, apa  gerangan  yang  menarikdanunik dari diriku? Keponakannya pun heran dan berkata: Aku terheran kenapa banyak orang menhadirimu sehingga pintumu dipadatin penuh orang, dan guahnya lagi mereka senantiasa ridha dengan kata-kata dan ucapan baikmu?

Kemudian Hakim Lukman al-Hakim berkata, "Wahai keponakanku, apabila engkau melaksanakan apa saja masukanku, maka engkau pun akan memperoleh kedudukan menyerupai yang saya dapat. Kemudian keponakannya bertanya : apa saja yang engkau lakukan?. 

Dan menjawaban Lukman al-Hakim : 
3. Aku tindak iffah dalam makananku (selalu memakan yang dihalalkan)
6. Aku memuliakan tamuku; 
8. Aku meninggalkan tiruana yang tidak mempunyai kegunaan bagiku. 
Itulah yang saya lakukan dan sudah menimbulkan saya menjadi bermartabat, dicintai banyak orang menyerupai yang sedang engkau lihat."

Itulah delapan sikap yang sudah dikerjakan oleh Lukman yang menimbulkan belai menjadi orang yang dihormati, terkenal,disenangi dan dicintai oleh orang banyak. Sesungguhnya delapan hal yang dilakukan oleh Lukman adakah ialah sifat-sifat utama yang diperintahkan dan diajarkan dalam fatwa Islam untuk menutup pintu-pintu timbulnya dosa-dosa besar. Juga kedelapan sifat utama tersebut akan sanggup mencegah dosa-dosa kecil menjadi dosa yang besar serta menjadi ciri-ciri dari orang yang jago surga.

Delapan hal yang dipilih Luqman dan dijadikannya sebagai alasan, mengapa dia disenangi orang banyak dan populer sebagai orang yang sangat bijak. Karena delapan hal tersebut ialah sifat-sifat inti yang diperintahkan agama Islam, untuk menutup pintu dosa-dosa besar dan menjadi ciri jago surga.

Diriwayatkan dalam sebuah dalil Hadits : berkata Abu Umamah: Aku mendengar Rasul Saw. bersabda :

Jaminlah saya enam hal, niscaya saya jamin engkau sekalian masuk surga; apabila salah seorang dari engkau berbicara, maka tidakbolehlah berdusta; apabila dipercaya, maka tidakbolehlah khianat; apabila berjanji, maka tidakbolehlah ingkar; tundukkanlah matamu; tahanlah  tanganmu  dari berbuat kejahatan;  dan  peliharalah kemaluanmu'.'' (HR. at-Thabrani, Ibnu Hibban, dan Khathib al-Baghdadi)

Dari dalil hadits Nabi yang lain riwayat Imam al-Bukhari dijelaskan:

Barang siapa yang menjaga antara dua rahangnya (mulut) dan antara dua kakinya (kemaluan) saya jamin dia masuk surga." 

Islam melarang umatnya untuk memakan masakan yang haram ataupun masakan yang syubhat yaitu belum niscaya kehalalannya. Berlaku iffah (tidak memakan masakan yang haram atau syubhat) yakni ialah syarat dari masuk syurga alasannya yakni orang yang dilindungi dari api neraka yakni mereka yang memakan masakan yang halal.

Juga hadits diriwayatkan dari Abdullah bin Umar Ra. dia berkata :

Adalah seorang di bawah tanggungan Rasulullah Saw. berjulukan Kirkiroh, kemudian dia meninggal. Namun, Rasulullah Saw berkata bahwa Kirkiroh akan masuk ke neraka. Maka itu, para teman akrab pergi memeriksanya, ternyata mereka menemukan sebuah baju jubah hasil tipuan." (Sahih Bukhari).

Dalam sebuah Atsar yaitu segala sesuatu yang hadir selain dari Rasul saw, yaitu dari para shahabat Nabi, para tabi'in, atau generasi sehabis mereka sebut bahwa, Barangsiapa yang tidak memperdulikan dari mana mereka mendapat makanan, maka Allah tidak akan peduli kepada mereka dari pintu mana mereka akan dimasukkan ke dalam neraka

Dalam fatwa islam, terdapat adab etika dalam bertamu, memuliakan tamu yakni salah satunya dan menjaga kekerabatan yang baik antara tetangga. Kedua sikap ini juga menjadi sebagian kecil dari tanda bukti keimanan seseorang yang jago surga. 

Demikian sifat-sifat yang dimiliki oleh Lukman A-hakim. Perilaku dan sifat tersebut di atas yakni ialah  ciri-ciri dari orang yang  ahli  surga. Barangsiapa yang berperilaku dan bersikap sebagai jago surga, maka niscaya ia akan menjadi kekasih Allah yang akan selalu mendapat bimbingan dari Allah swt dalam berperilaku baik melihat, mendengar maupun berucap.
Tag : Ilmu Akhlak
0 Komentar untuk "Agar Dicintai Banyak Orang & Menjadi Andal Surga"

Back To Top