Cara Shalat Sunnah Fajar Dan Dzikirnya

Shalat sunnah fajar yaitu salah satu shalat sunnah yang dianjurkan oleh baginda Nabi saw. shalat sunnah fajar yaitu shalat sunnah yang dikerjakan menjelang waktu subuh dikala kita bangun dari pulas. Namun sebelum mengerjakan shalat sunnah fajar dianjurkan untuk mandi terlebih lampau dan lalu setelah itu mengerjakan shalat sunnah fajar sebanyak 2 rakaat. 

Berikut ini yaitu tata cara mengerjakan shalat sunnah fajar mulai dari niat shalat sunnah fajar hingga dzikir setelah mengerjakan shalat sunnah fajar dan ketentuan-ketentuan dalam mengerjakan atau melakukan shalat sunnah fajar.

Pertama membaca niat shalat sunnah fajar

Niat shalat sunnah fajar yaitu sebagai diberikut:


أُصَلِّى سُنَّةَ الْفَجْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal-fajri rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: Aku niat shalat sunah Fajar dua rakaat, alasannya Allah Taala.

Kedua, Membaca do’a iftitah dan surat al-fatihah

Ketiga, Membaca surat-surat pendek setelah membaca surat al-fatihah. 

 yaitu salah satu shalat sunnah yang dianjurkan oleh baginda Nabi saw Teknik Shalat Sunnah Fajar dan Dzikirnya
Lebih dianjurkan pada rakaat pertama setelah membaca surat al-fatihah yaitu membaca surat Al-Fajr dan pada rakaat kedua setelah membaca surat al-fatihah membaca surat al-ikhlas. Namun, apabila tidak hafal surat Al-Fajr maka setelah membaca surat al-fatihah cukup membaca surat Al-Kafirun dan surat al-Ikhlas.

Keempat, Membaca surat Yusuf

Sesudah mengerjakan shalat 2 rakaat shalat sunnah fajar, apabila waktu masih memungkinkan maka dianjurkan untuk membaca surat yusuf ayat 21. Yang berbunyi sebagai diberikut:

وَٱللَّهُ غَالِبٌ عَلَىٰٓ أَمۡرِهِۦ وَلَٰكِنَّ أَكۡثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعۡلَمُونَ 

Dan Allah berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan insan tiada mengetahuinya.

Kelima dzikir setelah shalat sunnah fajar.

Bacaan dzikir yang dianjurkan setelah mengerjakan shalat sunnah fajar yaitu sebagai diberikut:

Bacaan dzikir pertama:

يَارَزّاَقُ أُرْزُقْنِيَ الْبَقَآءِ بَعْدَ الْفَنَآءِ

Dibaca: Ya Razzaqu urzuqniyal-baqa’i ba’dal-fana’ (sebanyak 100 kali)

Artinya: Ya Allah Yang Maha Pemdiberi rezeki, karuniakanlah rezeki kepadaku keabadian (nikmat) setelah kerusakan (dari dunia)”

Bacaan Dzikir kedua

Bacaan dzikir yang kedua pada pelaksanaan shalat sunnah fajar yaitu membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 41 kali.  Sesudah itu, membaca surah Al-An’am ayat 1 hingga 2 dan ayat 96, yang berbunyi sebagai diberikut:

ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ ٱلَّذِي خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضَ وَجَعَلَ ٱلظُّلُمَٰتِ وَٱلنُّورَۖ ثُمَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ بِرَبِّهِمۡ يَعۡدِلُونَ . هُوَ ٱلَّذِي خَلَقَكُم مِّن طِينٖ ثُمَّ قَضَىٰٓ أَجَلٗاۖ وَأَجَلٞ مُّسَمًّى عِندَهُۥۖ ثُمَّ أَنتُمۡ تَمۡتَرُونَ 

Artinya: Segala puji bagi Allah Yang sudah membuat langit dan bumi dan mengadakan petang dan terang, namun orang-orang yang kafir mempersekutukan (sesuatu) dengan Tuhan mereka. Dialah Yang membuat engkau dari tanah, setelah itu ditentukannya simpulan hidup (kematianmu), dan ada lagi suatu simpulan hidup yang ada pada sisi-Nya (yang Dia sendirilah mengetahuinya), lalu engkau masih resah (perihal berbangkit itu). QS. Al-An’am: 1-2.

فَالِقُ ٱلۡإِصۡبَاحِ وَجَعَلَ ٱلَّيۡلَ سَكَنٗا وَٱلشَّمۡسَ وَٱلۡقَمَرَ حُسۡبَانٗاۚ ذَٰلِكَ تَقۡدِيرُ ٱلۡعَزِيزِ ٱلۡعَلِيمِ 

Artinya: Dia menyingsingkan pagi dan mengakibatkan malam untuk diberistirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. QS. Al-An’am: 96.

Pada diri Nabi Muhammad saw. apabila adzan subuh dikumandangkan sebelum dia mengerjakan shalat fardhu subuh, dia segera bergegas melakukan shalat sunnah fajar sebanyak 2 rakaat. Baik di rumah maupun di masjid (HR. Bukhari dan Muslim).

Di samping itu, Rasulullah saw. juga berpesan untuk tidak mengerjakan shalat sunnah fajar 2 rakaat meskipun sedang dikejar-kejar oleh tentara berkuda. (HR. Abu Daud dan Baihaqi dan bubuk Hurairah)

Ketentuan-ketentuan dalam melakukan shalat sunnah fajar
  • Shalat sunnah fajar dikerjakan sebelum mengerjakan shalat sunnah qabliyah subuh 2 rakaat.
  • Dikerjakan pada pertama waktu setelah adzan subuh berkumandang.

Sehingga dalam pelaksanaan shalat sunnah fajar 2 rakaat, shalat sunnah qabliyah subuh dan shalat subuh yaitu dengan ajaran sebagai diberikut:
  • Adzan subuh berkumandang
  • Mengerjakan shalat sunnah fajar 2 rakaat
  • Mengerjakan shalat sunnah qabliyah fajar sebanyak 2 rakaat
  • Dzikir dan wiridan shalat sunnah fajar menyerupai yang sudah disebutkan di atas.
  • Iqamah
  • Mengerjakan shalat subuh.

Baca juga 

Terdapat bermacam-macam shalat sunnah yang dianjurkan dalam Islam yang salah satunya yaitu shalat sunnah fajar 2 rakaat yang memiliki tata cara tersendiri dalam melaksanakannya. Mengerjakan shalat-shalat sunnah memiliki aneka macam keutamaan dan kemuliaan bagi langsung pelakunya yang tujuan kesannya yaitu terbentuknya langsung muslim yang bertakwa kepada Allah swt. dengan sebenar-benarnya takwa.
0 Komentar untuk "Cara Shalat Sunnah Fajar Dan Dzikirnya"

Back To Top