Subhanallah, Pahala Keutamaan Sholat Berjamaah

Pada bahasan yang sebelumnya sudah diutarakan terkena beberapa hal ihwal sholat jamaah yaitu di antaranya dimulai dari sejarah dan aturan dari sholat berjamaah, banyak sekali hikmah yang sanggup diperoleh dari disyari’atkannya sholat berjamaah, tata cara dalam sholat berjamaah, cara menentukan dan menjadi imam dalam sholat berjamaah. Pada peluang kali sobat bersahabat pemikiran Islam akan bahu-membahu dipaparkan ihwal pahala-pahala atau sanggup juta disebut sebagai keutamaan-keutamaan dari sholat berjamaah yang tentunya akan sangat membawa manfaat dan faedah bagi para pelaku sholat berjamaah ketika di dunia dan lebih-lebih nanti ketika hadir waktunya perhitungan hisab amal perbuatan di alam abadi kelak.

Baca juga

Mengpertamai bahasan ihwal pahala, keutamaan sholat berjamaah, di bawah ini yaitu dalil dari sumber hadits Nabi Muhammad saw. yang menceritakan salah satu keutamaan atau pahala dari sholat berjamaah. Diriwayatkan dari Umar bahwa Nabi saw. bersabda : sholat berjamaah itu lebih utama 27 derajat dibandingkan dengan sholat sendirian (HR. Bukhari dan Muslim)

Keutamaan yang pertama sholat berjamaah yaitu lebih utama 27 derajat

Berdasarkan dalil hadits di atas, maka jelaslah bahwa solat berjamaah lebih utama dan berlipat ganda sampai 27 derajat. Diceritakan dari Jabir ra., begitu inginnya para sobat bersahabat dari Bani Salamah untuk memperoleh manfaat pahala keutamaan dari sholat berjamaah sehingga mereka berkeinginan untuk memindah rumah mereka supaya bersahabat dengan masjid Nabi saw.

Pada bahasan yang sebelumnya sudah diutarakan terkena beberapa hal ihwal sholat jamaah  Subhanallah, Pahala Keutamaan Sholat Berjamaah
Mendengar impian keluarga Bani Salamah, Nabi Muhammad saw. kemudian bertanya eksklusif kepada mereka ihwal niat untuk pindah rumah mendekati Masjid Nabi. Keluarga Bani Salamah pun menjawaban pertanyaan Nabi bahwa benar mereka ingin pindah rumah mendekati Masjid. Kemudian Nabi saw. bersabda: wahai Bani salamah, tetaplah ditempat kalian, alasannya yaitu setiap langkah kaki kalian ke masjid akan dicatat satu pahala.

Keutamaan kedua dari sholat berjamaah yaitu setiap langkah sanggup menghapus dstu kesalahan.

Keutamaan sholat berjamaah selain mendapat pahala 27 derajat lebih banyak dari sholat sendirian adalah 
  • Setiap satu langkah kaki ke masjid akan menghapus satu kesalahan
  • Selama di dalam masjid untuk menunggu waktu hadirnya sholat, mereka akan tetap mendapat pahala sholat.
  • Sesudah selesai sholat belum batal wudhunya dan masih berada di dalam masjid maka para malaikat akan mendoakan bagi mereka dengan doa: Ya Allah, berkahilah dua. Ya Allah rahmatilah ia (muttafaq ‘alaih)

Keluarnya dosa-dosa dari berwudhu

Sebelum mengerjakan sholat, wajib bagi musholli untuk memulainya dengan berwudhu. Wudhu yaitu ialah sarat sahnya sholat. Dan di dalam hadits Nabi yang diriwayatkan dari Malik, Nasa’i, Ibnu Majjah dan Hakim menunjukan bahwa Wudhu’ yang dikerjakan akan sanggup menghapus dosa-dosa. Beliau mengatakan:

Apabila seseorang berwudhu kemudian berkumur, maka dosa-dosanya keluar dari mulutnya. Apabila ia memmembersihkankan hidungnya, maka dosa-dosa akan keluar dari hidung. Apabila mereka membasuh muka, maka dosa-dosa mereka akan keluar dari mukanya sampai dari bawah kelopak mata. Apabila ia membasuh kedua tangannya, maka dosa-dosanya keluar dari tangan sampai dari bawah kuku mereka.

Apabila mereka mengusap kepala, maka dosa-dosa mereka akan keluar dari kepala dan sampai dari kedua pendengaran mereka. Apabila mereka membasuh kedua kaki, maka dosa-dosa mereka akan keluar dari kedua kaki mereka dan sampai dari bawah kuku kakinya. Dan sholat serta langkah kaki mereka ke masjid menjadi komplemen pahala bagi mereka.  Subhanallah begitu dahsyatnya keutamaan berwudhu.

Baca juga :

Pada ketika hadir waktu sholat, muadzin akan mengumandangkan adzan baik di mushola ataupun masjid, maka orang-orang yang mendengar adzan disunnahkah untuk menjawaban adzan yang dikumandangkan muadzin. Apabila mereka melakukannya, maka orang-orang yang menjawaban adzan akan masuk surga. 

Baca juga

Sesudah muadzin selesai mengumandangkan adzan, kita yang mendengarkan disunnahkan untuk membaca doa untuk Nabi Muhammad Rasulullah saw. dengan membaca doa untuk Rasulullah ini, pasti Allah akan mempersembahkan keberkahan sepuluh kali lipat dan yang membaca doa akan mendapat syafaat dari Nabi di hari kiamat.

Baca juga:

Di samping hal-hal di atas, disunnahkah dan dianjurkan bagi kita bahwa sebelum dan setelah sholat fardhu untuk mengerjakan sholat sunnah rawatib. Sholat sunnah ini mempunyai kegunaan sebagai penyempurna sholat fardhu yang dikerjakan. 

Setiap sholat sunnah mempunyai keutamaan. Suatu tumpuan disebutkan dalam sebuah dalil hadits yang artinya: dua rakaat sholat sunnah sebelum subuh lebih baik dibandingkan dunia dan seisinya. (HR. Ahmad, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i)


Dari pembagian terstruktur mengenai di atas, maka sanggup ditarik suatu kesimpulan bahwa setiap sholat fardhu yang dikerjakan dengan berjama’ah di masjid ataupun di mushola serta hal-hal yang mengiringinya ibarat berwudhu sebelum sholat, adzan, iqomah dan menjawabannya bagi yang mendengarkan, sholat sunnah sebelum dan sesudah, dan lainnya yang mengiringinya ternyata mempunyai keutamaan-keutamaan yang sangat besar yang tentunya akan membawa manfaat serta pahala bagi pelakunya baik di dunia dan lebih-lebih di alam abadi kelak. Mari kita giatkan diri kita dan selalu berdoa untuk sanggup selalu mengerjakan sholat dengan berjamaah.
Tag : Ilmu Sholat
0 Komentar untuk "Subhanallah, Pahala Keutamaan Sholat Berjamaah"

Back To Top