Proses Nitrifikasi Dan Denitrifikasi

Nitrogen (N2) yaitu unsur yang paling melimpah di atmosfer bumi (78% penyusun atmosfer). Jumlah nitrogen yang sangat banyak sebanding dengan fungsinya yang sangat besar bagi kelangsungan hidup aneka macam macam organisme di bumi. Nitrogen yaitu salah satu atom penyusun protein, yang sangat diperlukan oleh makhluk hidup.

Daur Nitrogen

Nitrogen di udara tidak mampu dimanfaatkan secara khusus oleh hewan maupun tumbuhan lantaran kedua organisme tersebut tidak dapat menangkap nitrogen bebas. Penangkapan nitrogen bebas sehingga siap digunakan oleh hewan dan tumbuhan membutuhkan menolongan dari bakteri tanah. Beberapa bakteri yang mampu menangkap nitrogen bebas di udara yaitu jenis Rhizobium dan Azotobacter.
Kedua bakteri tersebut akan menangkap nitrogen kemudian mengubahnya menjadi ammonia. Tetapi amonia bersifat racun sehingga tumbuhan belum dapat memanfaatkannya. Oleh lantaran itu, bakteri Nitrosomonas akan mengubah amonia menjadi Nitrit. Selanjutnya bakteri Nitribacter akan mengubah nitrit menjadi nitrat yang siap digunakan oleh tumbuhan sebagai materi baku asam amino pembentuk protein. Protein yang sudah dibentuk oleh tumbuhan mampu dikonsumsi oleh hewan untuk kelangsungan hidupnya.Proses pengubahan amonia menjadi nitrit yang dilanjutkan menjadi nitrat disebut dengan proses Nitrifikasi.

Proses Nitrifikasi
  • Amonia (NH4+) diubah menjadi nitrit (NO2-) oleh Nitrosomonas
  • Nitrit (NO2-) diubah menjadi nitrat (NO3-) oleh Nitrobacter
Nitrat dalam tanah selain digunakan oleh tumbuhan, juga mengalami proses pengubahan kembali menjadi nitrogen bebas oleh bakteri Pseudomonas dan Clostridium. Proses pengubahan nitrat menjadi nitrogen disebut dengan proses Denitrifikasi.

Proses Denitrifikasi
  • Nitrat (NO3-) diubah oleh Pseudomonas dan Clostridium menjadi nitrogen (N2).
Tambahan: 
Amonia (NH3) berbentuk gas dan dalam keadaan terlarut dalam air akan membentuk senyawa amonium (NH4+). Selain dari aktifitas bakteri penangkap nitrogen bebas, amonia mampu muncul dari proses mineralisasi protein yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang sudah mati.
Tag : biologi, botani
0 Komentar untuk "Proses Nitrifikasi Dan Denitrifikasi"

Back To Top