Melawan Godaan-Godaan Penghalang Insan Beribadah

Manusia yakni tempatnya salah dan dosa. Namun, demikian, kewajiban insan yakni melaksanakan taubat atas kesalahan dan dosa yang dilakukannya dengan taubat yang sebenar-benarnya taubat. Sesudah melaksanakan taubat yang baik dan dengan sebenar-benarnya taubat, kemudian timbul niat untuk mengerjakan ibadah-ibadah yang diperintahkan oleh Allah swt. serta menjauhi segala larangan-larangan-Nya. akan tetapi niat tersebut sanggup terganggu oleh godaan-godaan yang akan tetap selalu ada dalam pikiran insan yang sanggup menghalangi insan dalam melaksanakan niat tersebut.

Baca juga Macam-macam Dosa


Terdapat empat macam godaan-godaan yang sifatnya selalu ada dan tetap dan sanggup menghalangi niat seseorang dalam melaksanakan niat ibadah yakni dunia, manusia, setan dan hawa nafsu.

Oleh lantaran itu, seseorang yang berkeinginan untuk sanggup mencapai tujuan ibadah sebagaimana niat yang mereka ikrarkan, maka mereka harus bisa dan sanggup melewati setiap godaan-godaan yang ditimbulkan oleh empat kasus di atas.

Bagaimana cara melawan, melewati dan menghadapi godaan-godaan tersebut di atas??

Untuk sanggup melawan, menghadapi biar sanggup melewati godaan-godaan di atas, maka seseorang wajib menempuh dan menjalaninya dengan empat cara, yaitu sebagai diberikut:
  • Teknik pertama yakni dengan membulatkan tekad sehingga kesenangan dunia tidak sanggup menggoyahkan tekad dan niat.
  • Teknik yang kedua yakni dengan menjaga diri serta senantiasa waspada sehingga tidak tersesat oleh lantaran godaan orang lain.
  • Teknik yang ketiga yakni dengan memerangi musuh yang positif bagi insan yaitu setan dengan segala tipu muslihat setan.
  • Teknik yang keempat yakni hendaknya bisa mengendalikan hawa nafsu.
 Manusia yakni tempatnya salah dan dosa Melawan Godaan-Godaan Penghalang Manusia Beribadah
Dari keempat macam godaan tetap di atas, godaan yang paling sukar dan terberat yakni memerangi dan mengendalikan hawa nafsu. Hal ini dikarenakan, hawa nafsu tidak sanggup dikikis hingga habis, hingga terpisah dari  hawa nafsu, lantaran  hawa nafsu juga  memiliki  manfaat,  selama  hawa nafsu ini tidak mengendalikan dan mengalahkan pikiran kita.


Manusia mustahil sanggup mematikan hawa nafsu, namun hendaknya tidak membiarkan hawa nafsu kita sanggup mengendalikan pikiran kita. Karena sudah kodrat insan diciptakan dengan empat sifat yang salah satunya yakni mempunyai hawa nafsu. Dan insan mustahil hidup tanpa adanya hawa nafsu.


Berbeda dengan makhluk Allah swt yang namanya setan. Setan sanggup ditaklukkan dengan mutlak. Bahkan, setan yang menarik hati Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Dapat ditaklukkan Nabi saw. dan kemudian masuk lslam.

Dari teladan Nabi saw. yang bisa menaklukkan setan dengan mutlak dan sanggup mengajaknya masuk Islam. Maka, kita hendaknya wajib sanggup mengalahkan setan dengan mutlak. Sehingga kita sanggup mengatasi salah satu godaan tetap dari setan.

Hawa nafsu akan selalu ada dalam diri manusia. Namun, kita tidak akan mungkin sanggup mengalahkannya hingga mematikannya, akan tetapi kita dituntut untuk harus sanggup mengendalikan hawa nafsu. Sebab, sifat hawa nafsu ini tidak akan menuntun insan untuk berbuat kebajikan dan kebaikan, melainkan menuntun insan untuk berbuat keburukan dan kesesatan.

 Manusia yakni tempatnya salah dan dosa Melawan Godaan-Godaan Penghalang Manusia Beribadah
Sifat hawa nafsu sangat susah untuk diajak kompromi guna membulatkan tekad hati untuk diberibadah kepada Allah swt. Hal ini dikarenakan hawa nafsu senantiasa akan menjauhkan kita dari Allah swt.

Apabila kita menuruti hawa nafsu, maka hal ini spesialuntuk akan membuat kita menjadi lupa kepada Allah swt. Oleh lantaran itu, maka insan memerlukan alat yang sanggup mengendalikan hawa nafsu, alat untuk mengendalikan hawa nafsu yakni taqwa.


Hawa nafsu, apabila sanggup kita ibaratkan yakni mirip mengendalikan kida liar yang binal. Maka kita sebagai hamba Allah yang taqwa harus sanggup mengendalikan hawa nafsu untuk hal-hal kebenaran dan kebaikan. Dan tidakboleh hingga hawa nafsu ini terjerumus kepada hal dan kasus yang sanggup merusak, menyesatkan dan mencelakakan diri sendiri dan orang lain.

Godaan-godaan tetap akan selalu ada dan menarik hati insan dalam menjalankan ibadah dan perintah Allah swt. Mari kita senantiasa memohon pinjaman Allah swt dengan selalu berdoa, berusaha dan bertawakkal kepada-Nya sehingga kita sanggup menjalankan Ibadah kepada Allah swt. dan menerima ridspesialuntuk. Amin.
0 Komentar untuk "Melawan Godaan-Godaan Penghalang Insan Beribadah"

Back To Top