Murtad Alasannya Keraguan, Waspadalah!

Pada bahasan yang lamapu sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya terkena penyebab murtad yang merusak aqidah bahwa kemurtadan seseorang bisa disebabkan dari perkataan,perbuatan dan juga keyakinan. Melengkapi bahasan ini maka fatwa Islam akan mengulas alasannya kemurtadan yang lain yaitu kemurtadan lantaran keraguan.


Kemurtadan lantaran keraguan disebut dengan Ar-Riddatu bisy Syakk. Bentuk aktual dari pola murtad lantaran keraguan ini contohnya seseorang menyampaikan bahwa : saya tidak mengetahui Allah itu benar atau tidak….aku ragu akan hal ini. Maka, orang yang menyerupai ini bisa dikatakan kafir atau murtad lantaran keraguannya.

misal lain dari murtad atau musyrik lantaran keraguan misalnya, ada seseorang yang mengakatan: saya tidak mengetahui apakah hari simpulan zaman itu akan terjadi atau tidak. Atau seseorang menyampaikan bahwa: saya tidak mengetahui apakah nirwana dan neraka itu benar-benar ada atau tidak. Saya ragu dan Saya tidak tahu.


 Pada bahasan yang lamapu sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya terkena  Murtad Karena Keraguan, Waspadalah!
Maka, orang di atas sudah musyrik atau murtad lantaran keraguan. Oleh alasannya itu hendaknya mereka bersegera bertaubat. Apabila mereka tidak bertaubat, maka mereka dibunuh dalam keadaan kafir dikarenakan keraguannya dalam permasalah yang sangat lumrah dan masuk akal untuk diketahui oleh setiap muslim berdasarkan nash dan juga berdasarkan ijma’


Dalil sabda Nabi saw.:

مَنْ بَدّلَ دِيْنَهُ فَاقْتُلُوْهُ

Artinya:Barangsiapa yang mengganti agamanya (sesudah ia masuk islam) maka bunuhlah ia.(HR. Bukhari no. 3017).

Baca juga sumber-sumber fikih Islam

melaluiataubersamaini demikian, orang yang resah di dalam agamanya dalam hal ini Islam dan mereka menyampaikan bahwa ia tidak tahu apakah Allah swt. itu benar, atau tidak tahu apakah Rasulullah itu benar, apakah mereka jujur atau berdusta, atau mereka mengatakan: apakah betul Nabi Muhammad itu epilog para Nabi, atau mereka berkata: saya tidak tahu, apakah Musaelamah itu pembohong atau bukan, atau mereka berkata: saya tidak mengetahui apakah Al-Aswad Al- ‘Asni itu nabi palsi di yaman- itu pendusta atau bukan. Keraguan-keraguan menyerupai ini tiruananya sanggup menimbulkan seseorang murtad atau mengeluarkan seseorang dari agama Islam. 


Maka bagi pelaku musyrik atau murtad hendaknya diminta untuk bertaubat dan kepada mereka disampaikan dan didiberikan kebernaran. Apabila mereka mau bertaubat, maka taubat mereka diterima dan sebaliknya apabila tidak bertaubat maka mereka dibunuh. sepertiyang dalil hadits sabda Nabi di atas.

Demikian juga contohnya ada seorang yang menyampaikan bahwa ia ragu dalam kasus sholat, zakat,puasa apakah hukumnya wajib atau tidak, dan mereka ragu dalam hal ibadah haji apakah wajib spesialuntuk sekali seumur hidup bagi orang yang bisa atau tidak. Maka ketiruana keraguan ini ialah kufur akbar. Maka bagi pelakunya diminta untuk segera bertaubat. Apabila mereka muslim dan tidak mau bertaubat dan diberiman, maka ia dibunuh lantaran sebagaimana sabda Rasulullah saw. di atas.

melaluiataubersamaini demikian, sebagai seorang Muslim, kita wajib diberiman bahwa ketiruananya itu, sholat, puasa, zakat, haji dan keseluruhannya ialah benar-benar diwajibkan bagi kaum muslimin dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan dalam syariat Islam.

Maka dari itulah, keraguan ialah ialah kepingan pertama parasit, parasit terhadap aqidah yang sanggup membawa seseorang kepada musrik atau kemurtadan dan mengeluarkan mereka dari agama Islam. Waspadalah….hati-hati dan waspadalah diri anda dari murtad lantaran keraguan…!!!!!

0 Komentar untuk "Murtad Alasannya Keraguan, Waspadalah!"

Back To Top