Mencari Istri Sholehah Menurut Hadits Nabi

Setiap insan yang ada di mula bumi ini sudah ditakdirkan oleh Allah untuk berpasang-pasang.  Hal ini yaitu sebagaimana firman Allah swt. dalam surat-surat an ayat diberikut ini: Al-Hujurat 49: ayat 13, an-Nisa: 4: ayat 1, an-Nahl:16: ayat 72, At-Taubah: 9: ayat 71. Meskipun demikian, insan juga didiberi keleluasaan oleh Allah untuk mengubah nasib mereka sendiri-sendiri. Dalam hal ini, maka insan wajib melaksanakan perjuangan terbaik untuk sanggup mendapatkan jodoh yang terbaik dalam Islam yaitu yang sholeh dan sholehah.


Firman Allah swt. dalam al-Qur’an wacana dalil perkawinan:

وَأَنكِحُواْ ٱلۡأَيَٰمَىٰ مِنكُمۡ وَٱلصَّٰلِحِينَ مِنۡ عِبَادِكُمۡ وَإِمَآئِكُمۡۚ إِن يَكُونُواْ فُقَرَآءَ يُغۡنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضۡلِهِۦۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٞ

Artinya: Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara engkau, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemdiberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (An-Nur: 32).


 Setiap insan yang ada di mula bumi ini sudah ditakdirkan oleh Allah untuk berpasang Mencari Istri Sholehah Berdasarkan Hadits Nabi
Berikut ini yaitu beberapa pedoman, atau rambu-rambu yang bersumber dari dalil hadits Nabi Muhammad saw. untuk mendapatkan jodoh perempuan atau istri yang sholehah.

Pedoman pertama yaitu baik dalam empat hal terutama agamanya

Apa empat tersebut, di terangkan dalam sebuah hadits Nabi yang artinya sebagai diberikut: hendaknya seseorang menentukan istri sholehah dengan syarat-syarat sebagai diberikut: Wanita itu dinikahi lantaran empat hal yaitu hartanya, keturunannya, kecantikannya dan agamanya. Maka hendaknya engkau utamakan perempuan yang mempunyai agama, (jika tidak) pasti kedua tanganmu akan berdebu (miskin, merana. Hadits riwayat Al-Bukhari)

Dari hadits di atas, maka sanggup ditarik kesimpulan bahwa dari ke empat hal tersebut, kriteria atau syarat yang paling menjadi prioritas dan utama yaitu kebaikan dalam agamanya. Sesudah itu gres tiga kriteria yang lain.

Carilah Wanita yang sholehehah.

"Dunia tiruananya yaitu kesenangan, dan sebaik-baik kesenangan dunia yaitu perempuan shalihah''. Hadits riwayat Muslim (1468), cet. Abdul Baqi; dan riwayat An-Nasa'i dari Ibnu Amr, Shahihul Jami', hadits no


Carilah Wanita/Istri yang diberiman

"Hendaklah salah seorang dari engkau mempunyai hati yang bersyukur, ekspresi yang selalu dzikir dan isteri diberiman yang menolongnya dalam duduk masalah akhirat". (Hadits riwayat Ahmad, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Tsauban, Shahihul Jami')


Terdapat 3 kategori kepercayaan yang tepat yaitu membenarkan dengan hati, kemudian ratifikasi tersebut diikrarkan dalam bentuk lisan, dan dibuktikan dengan amal perbuatan secara nyata. Dalam Islam dikenal enam rukun iman, yaitu Beriman kepada ALLAH SWT, Beriman kepada Malaikat-malaikat-Nya, Beriman kepada Kitab-kitab Allah, Beriman kepada Rasul-rasul-Nya, Beriman kepada Hari Kiamat dan Beriman kepada Qada dan Qadar.

Baca juga Hari kiamat

Juga diriwayatkan dalam hadits lain: dan isteri sholehah yang menolongmu atas duduk masalah dunia dan agamamu yaitu sebaik-baik (harta) yang disimpan manusia". Hadits riwayat Al-Baihaqi dalam Asy-Syu'ab dari Abu Umamah.

Wanita yang rindang dan penuh cinta

Dalil hadits Nabi Muhammad saw.: Kawinilah perempuan yang penuh cinta dan yang rindang peranakannya. Sesungguhnya saya membanggakan dengan banyaknya jumlah kalian di antara para nabi pada hari Kiamat.. hadits sahih, riwayat Imam Ahmad dari Anas.

Wanita yang sanggup memdiberi keamanan dan ketentraman hati.

Dalil hadits Nabi: Dan di antara kebahagiaan yaitu perempuan sholehah, engkau memandangnya kemudian engkau kagum dengannya, dan engkau pergi daripadanya tetapi engkau merasa kondusif dengan dirinya dan hartamu. Dan di antara kesengsaraan yaitu perempuan yang apabila engkau memandangnya engkau merasa enggan, kemudian beliau mengungkapkan kata-kata kotor kepadamu, dan jikalau engkau pergi daripadanya engkau tidak merasa kondusif atas dirinya dan hartamu" Hadits sahih riwayat Ibnu Hibban dan lainnya.

Wanita masih gadis dan Qanaah

Hendaknya menentukan calon istri yang yang masih gadis dan Qanaah sebagai dalil hadits Nabi saw.

Dalil hadits Nab saw.: (Nikahilah) gadis-gadis, sebenarnya mereka lebih banyak keturunannya, lebih manis tutur katanya dan lebih mendapatkan dengan sedikit (qana'ah)". Hadits riwayat lbnu Majah, dan alam As-Silsilah Ash-Shahihah.

Dalam riwayat hadits lain diterangkan : "Lebih sedikit tipu dayanya". sepertiyang perempuan sholehah yaitu ialah salah satu lantaran dari empat lantaran kebahagiaan maka sebaliknya perempuan yang tidak sholihah yaitu salah satu lantaran dari empat penyebab kesengsaraan. Seperti tersebut dalam hadits shahih.

Hal lain yang perlu menjadi perhatian.

Juga perlu diperhatikan yaitu keadaan orang yang meminang perempuan sholehah yang akan mengakibatkan perempuan sholehah ini sebagai istri. Yaitu gres mengabulkan ajakan untuk meminang sehabis memenuhi beberapa syarat diberikut ini: apabila hadir seseorang kepadamu yang engkau rela terhadap sopan santun dan agamanya maka nikahkanlah, apabila tidak engkau lakukan pasti akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang besar. Hadits sahih riwayat Ibnu Majah.

Untuk mengetahui sopan santun dan agamanya, hendaknya terlebih lampau dilakukan pencarian informasi, penelitian dan hal sejenisnya dari banyak sekali sumber yang sanggup mendapatkan amanah dan akurat. Sehingga kelak nantinya tidak merusak dan menghancurkan rumah tangga yang dibangun oleh yang bersangkutan.

Laki-laki yang sholeh apabila mendapatkan jodoh atau istri yang sholehah akan sanggup membangun rumah tanggal yang baik. Sebab, sejatinya, Negeri yang baik dan dengan izin Allah swt. akan juga sanggup melahirkan tanaman-tanaman yang baik pula, sedangkan negeri yang jelek tidak akan keluar tumbuhan daripadanya kecuali dengan susah payah.
0 Komentar untuk "Mencari Istri Sholehah Menurut Hadits Nabi"

Back To Top