Cara Bersyukur Dengan Lisan, Hati Dan Perbuatan

Apa itu syukur? Pertanyaan wacana pengertian syukur dan macamnya sudah dipaparkan pada bahasan pengertian syukur. Melanjutkan bahasan tersebut, timbul pertanyaan bagaimana cara bersyukur kepada Allah atas aneka macam nikmat yang didiberikan oleh Allah kepada kita hambanya? Berikut ini ialah cara-cara bersyukur kepada Allah. Apa yang paling penting dan diamalkan dari cara-cara beryukur tersebut.

Namun sebelumnya sebagai pembuka bahasan cara-cara bersyukur mari kita perhatikan dalil firman Allah dalam Al-Qur’an al-Karim dan juga dalil Hadits Nabi yang membuktikan keharusan dari bersyukur. Firman Allah dalam Al-Qur’an :

وَإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَئِن شَكَرۡتُمۡ لَأَزِيدَنَّكُمۡۖ وَلَئِن كَفَرۡتُمۡ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٞ

Artinya : Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya kalau engkau bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan kalau engkau mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS. Ibrahim : 7)

Dari ayat di atas, menekankan dan mempersembahkan kepada kita pengertian bahwa bersyukur itu ialah suatu keharusan bagi hamba kepada Tuhannya. Tersirat dalam ayat di atas dua hal yang berupa proposal untuk bersyukur dan bahaya bagi orang-orang yang tidak bersyukur. Bahwasanya, bagi orang-orang yang bersyukur, pasti Allah akan menambahkan nikmat-nikmat yang diperoleh dan bahaya bahwa azab atau siksa Allah itu amat pedih.

Dalam sebuah hadits dikisahkan :

Pada suatu malam ‘istri Nabi Aisyah ra. Melihat Rasulullah saw sedang mengerjakan sholat tahajud hingga membuat kaki Rasulullah nanah yang disebabkan lantaran Nabi bangkit terlalu lama. ‘Aisyah melihat hal tersebut dan berkata kepada Nabi : Wahai Rasul, mengapa engkau selalu melaksanakan ini di malam hari, sedangkan hal ini bukanlah suatu kewajiban? Dan juga, bukankah tiruana dosa-dosamu baik yang akan dating ataupun dosa yang sudah kemudian akan diampuni oleh Allah? Rasulullah Nabi Muhammad saw pun tersenyum dan dia berkata : apakah salah apabila saya ingin menjadi Hamba Allah yang bersyukur?

Dari keterangan dongeng hadits di atas, mempersembahkan kita klarifikasi betapa indah yang diajarkan Nabi Muhammad saw., bekerjsama tidak ada satu kesombongan pun dalam diri Rasulullah saw. Tidak terdapat rasa bermalasan-malasan yang ada pada diri Rasul untuk selalu mendapatkan cinta sang maha kuasa, meskipun dia sudah mendapatkan gelar sebagai kekasih Allah swt.

Bagaimanakah cara-cara bersyukur kepada Allah?

Teknik bersyukur kepada Allah sanggup dilakukan dengan aneka macam macam cara, yaitu sebagai diberikut :

Teknik bersyukur yang pertama ialah dengan lisan

Bersyukur dengan verbal ialah bersyukur dengan perkataan atau lisan. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa memuji kepada Tuhannya, dengan mengucapkan bacaan tahmid saat mendapatkan nikmat, diberistighfar apabila melaksanakan kesalahan, dan lain sebagainya.

Lidah orang-orang yang bersyukur akan selalu dibasahi dengan dzikrullah, takbir, tahmid, tahlil yang selalu mengiringi dalam setiap hembusan nafas seseorang. Memdiberikan tausiah serta saling mengingatkan saat ada yang melaksanakan kesalahan dan kekhilafan ialah juga ialah penggalan dari cara bersyukur dengan lisan.

Teknik bersyukur yang kedua ialah dengan hati.

Bersyukur dengan hati ialah dengan senantiasa menjaga qalbu atau hati dari aneka macam penyakit yang sanggup merusak dan mengotori hati ibarat sifat iri hati, dengki yang terlarang, riya dan munafik.

Hati yang senantiasa bersyukur akan senantiasa berprasangka baik kepada Allah dengan menerima apa yang menjadi ketentuan dan takdir Allah kepadanya dalam kehidupan yang dijalani, tidak berputus asa ketika hadir ujian dan cobaan melanda. melaluiataubersamaini ujian dan cobaan tersebut, orang yang bersyukur dengan hati akan mengakibatkan dirinya sebagai eksklusif yang tegas, tegar dalam menjalani kehidupan yang fatamorgana ini. 

Teknik bersyukur yang ketiga ialah dengan amal perbuatan

Bersyukur dengan amal perbuatan ialah melalui tindakan atau amal perbuatan. Perbuatan seseorang sanggup menjadi refleksi atau cerminan dari rasa syukur atas nikmat-nikmat yang didiberikan oleh Allah. Salah satu referensi bentuk cerminan syukur ialah dengan mempersembahkan dan perbuat banyak kebaikan kepada orang lain. Bersyukur hendaknya selalu diaplikasikan dalam keseharian, contohnya sikap serta akhlak yang baik dan mulia juga sanggup menjadi citra dan bentuk dari wujud syukur dalam perbuatan, ramah, sopan santun dalam pergaulan juga ialah penggalan dari rasa syukur itu sendiri.

Bentuk dari cara bersyukur dengan amal perbuatan ini ialah cara bersyukur yang paling penting dalam kehidupan di masa kini ini. Sudah semestinya kita ini menjadi rakyat yang bersyukur, bangsa yang bersyukur. Demikian juga bagi para pemimpin, para pemimpin yang menunjukkan wujud syukur dalam perbuatan ialah mereka yang senantiasa menunjukkan dan sanggup menjadi referensi suri tauladan bagi rakyat yang dipimpinnya, bukan menjadi pemimpin yang mengajarkan berlaku dan bertindak kufur atas nikmat Allah.

Itulah cara-cara bersyukur kepada Allah swt. Tuhan yang mencipta alam dan seisinya, Maha menguasai alam dan seisinya, maha pengampun atas tiruana dosa. Marilah kita senantiasa berdoa, biar sanggup menjadi orang yang cendekia bersyukur, baik bersyukur dengan lisan, bersyukur dengan hati dan lebih-lebih bersyukur dengan amal perbuatan. Amiin……..
0 Komentar untuk "Cara Bersyukur Dengan Lisan, Hati Dan Perbuatan"

Back To Top