Pembuahan Tunggal Pada Gymnospermae

Pembuahan tunggal terjadi pada gymnospermae, sedangkan pembuahan ganda terjadi pada angiospermae. Pembuahan tunggal pada artikel ini akan mengulas pembuahan pada tumbuhan pinus. Tumbuhan ini memiliki struktur reproduksi yang disebut konus lantaran pinus tidak menghasilkan bunga. Konus terdiri atas dua jenis, konus jantan dan konus betina yang terdapat pada pohon yang sama.

Konus betina lebih bersisik dan lebih besar dibandingkan dengan konus jantan. Konus jantan menghasilkan mikrospora yang akan bermetamorfosis sebuk sari (gametofit jantan) dan konus betina menghasilkan megaspora yang akan tumbuh menjadi gametofit betina.

 Pembuahan tunggal terjadi pada gymnospermae Pembuahan Tunggal Pada Gymnospermae
Konus betina lebih besar dari konus jantan

Proses penyerbukan dimenolong oleh angin, serbuk sari akan jatuh pada konus betina dan ditarik masuk ke dalam bakal biji. Serbuk sari akan membentuk tabung serbuk sari yang berfungsi membuka jalan menuju sel telur. Sel sperma dari serbuk sari akan membuahi sel telur dan terjadi pembuahan menghasilkan zigot. Pembuahan pada pinus disebut sebagai pembuahan tunggal lantaran spesialuntuk terjadi pembuahan untuk menghasilkan zigot. Sedangkan pembuahan ganda pada angiospermae terjadi dua macam pembuahan dengan hasil zigot dan endosperma.

Zigot akan bermetamorfosis embrio yang masih terdapat di dalam gametofit betina. Gametofit betina menyediakan persediaan kuliner bagi embrio pinus. Biji tumbuhan pinus terdiri atas embrio yang terletak dalam jaenteng gametofit betina yang dibungkus oleh selaput biji. Selain itu, biji pinus memiliki struktur seperti akup agar biji pinus simpel diterbangkan oleh angin sehingga mampu tumbuh di tempat yang jauh dari induknya.

Pembuahan tunggal pada pinus

Yang unik dari tumbuhan pinus ialah bahwa proses pembuahan pembuahan terjadi lebih dari satu tahun setelah proses penyerbukan. Hal ini didukung dengan struktur konus yang keras dan tidak cepat amis sehingga mampu bertahan sangat lama, tidak sama dengan bunga yang angiospermae yang spesialuntuk mampu bertahan selama beberapa hari saja.
Tag : biologi, botani
0 Komentar untuk "Pembuahan Tunggal Pada Gymnospermae"

Back To Top