Doa Menjenguk Orang Sakit Dan Adabnya

Menjenguk orang sakit memiliki adab dan tata cara tersendiri dalam fatwa islam dan juga terdapat doa menjenguk orang sakit. Menjenguk orang sakit yaitu menhadiri orang yang sakit dengan maksud dan tujuan untuk menghibur sehingga  kesedihan dan beban penderitaannya sanggup berkurang. Ketika kita menjenguk rrang sakit, orang yang ditengok tentunya akan merasa bahagia sehingga hal ini sanggup menjadi obat bagi orang yang sakit.

Menjenguk orang sakit yaitu ialah hak orang muslim atas orang muslim launnya, sebagaimana dalil sabda Rasulullah saw. yang artinya:

"Dari Abu Hurairah r.a. bersabda Nabi saw.: Hak orang muslim dengan muslim lainnya ada lima, yaitu menjawaban salam, menjenguk orang sakit, mengantarkan jenazah, mengabulkan undangan, dan mendoakan orang yang bersin." (H.R. Bukhari-Muslim) 

Hukum menjenguk orang sakit

Hukum menjenguk orang sakit dalam islam yaitu sunnah, hal ini didasarkan kepada dalil hadist yang sudah disebutkan di atas, juga berdasar hadist diberikut ini yang artinya:

"Dari Abu Musa r.a. ia berkata; Nabi saw. bersabda: Jenguklah orang yang sakit, diberilah makan orang yang lapar dan lepaskanlah orang yang tertawan." (H.R. Bukhari)

Adab Menjenguk Orang Sakit

Kembali pada bahan wacana doa dan budpekerti menjenguk orang sakit,  diberikut ini yaitu tata cara dan budpekerti menjenguk orang sakit berdasarkan fatwa islam yaitu sebagai diberikut :
  • Orang yang menjenguk orang sakit sebaiknya berpakaian dengan pakaian yang sopan dan juga rapi yang diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi setempat.
  • Orang yang menjenguk orang sakit, sebaiknya memdiberi pesan tersirat kepada orang yang sakit biar sabar mendapatkan musibah/cobaan dari Allah dan kalau yang sakit dalam perawatan dokter maka didiberi masukan biar selalu mematuhi pesan tersirat dokter.
  • Mendoakan orang yang sakit. 
Doa menjenguk Orang Sakit
Ada beberapa macam doa untuk orang yang sakit yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. saat kita menjenguk orang sakit, antara lain sebagaimana dalam hadits:
عن عائشة رضى الله عنها انّ رسول الله صلّى الله عليه وسلّم كان يعود بعض احله يمسه بيده اليمنى ويقول
 اَللَهُمَّ  رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ إِشْفَ اَنْتَ الشَّافِى لاَشِفَءُ شِفَاءً لاَيُغَادِرُ سَقَماً
Artinya: "DariAisyah r.a. sebenarnya Rasulullah saw. menjenguk salah seorang keluarganya dengan mengusapkan tangan kanannya seraya berdoa: Wahai Allah Tuhan tiruana manusia, hilangkanlah segala penyakit, sembuhkanlah, alasannya yaitu spesialuntuk Engkaulah yang sanggup menyembuhkan, tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak menhadirkan penyakit lagi." (H.R. Bukhari Muslim)
Menjenguk orang sakit serta mendoakannya yaitu suatu keharusan bagi setiap muslim.
  • Bagi orang yang sakitnya sudah parah sebaiknya diajarkan membaca bacaan kalimat thayyibah [lailahaillallah] atau dibacakan surah Yasin dan juga cara menghadapinya yaitu dengan cara menghadapi orang yang sakit keras
  • Adab kelima, sebaiknya juga bagi orang yang menjenguk orang sakit biar menanyakan wacana keadaan penyakit orang yang sakit kepada keluarganya. Hal ini pernah terjadi dan dikisahkan pada masa Nabi Muhammad Rasulullah saw. saat para teman bersahabat menanyakan keadaan penyakit Rasulullah saw. kepada Ali bin Abi Thalib.
  • Adab keenam yaitu mempersembahkan menolongan kepada orang yang sakit berupa masakan atau untuk keluarganya yang sanggup berupa uang kalau keadaan memerlukan.
Hikmah Menjenguk Orang Sakit

Berbagai pesan yang tersirat yang dapat kita ambil dari kewajiban kita menjenguk orang sakit antara lain sebagai diberikut :
  • Menjenguk orang sakit sanggup menciptakan dan mempererat kekerabatan silaturrahmi antara orang yang sakit dengan orang yang menjenguk serta dengan keluarganya sehingga menjadi lebih erat.
  • melaluiataubersamaini menjenguk orang sakit, maka keluarga dan orang yang sakit sanggup terhibur sehingga sanggup mempercepat penyembuhan bagi orang yang sakit.
  • Orang yang menjenguk orang sakit akan menerima pahala dari Allah swt.
  • Jika yang menjenguk orang yang sakit ini kebetulan sanggup mengobati suatu penyakit, maka ia sanggup memmenolongnya dengan cara mengobati penyakit dari orang yang sakit, atau atau sanggup memmenolong dengan cara mencarikan obatnya kalau ia mengetahuinya.
Adab dan doa menjenguk orang sakit di atas yaitu berdasarkan dalil dari hadits Nabi muhammad saw. Semoga dengan menjenguk orang sakit, orang sakit sanggup termenolong dan yang menjengukpun akan mendapatkan pahala dari Allah. Amiin
0 Komentar untuk "Doa Menjenguk Orang Sakit Dan Adabnya"

Back To Top