Cara Sholat Taubat Dan Doanya

Sholat taubat ialah sholat sunnah yang dilakukan setelah seseorang melaksanakan dosa atau merasa berbuat dosa, dan kemudian bertaubat kepada Allah swt. Bertaubat dari sesuatu dosa artinya yaitu seseorang menyesal atas perbuatan yang sudah dilakukannya dan berniat untuk tidak akan melakukannya lagi disertai undangan ampunan kepada Allah swt

Teknik sholat taubat pada pada dasarnya yaitu sama menyerupai tata cara sholat fardhu dengan jumlah rakaat sholat antara 2, 4 hingga 6 rakaat, dengan setiap2 rakaat salam. Sesudah sholat kemudian berdzikir dan berdoa dengan doa sholat taubat.

Hal-hal yang penting dalam sholat taubat yaitu sebagai diberikut :

1. Bacaan atau lafadz niat sholat taubat yaitu sebagai diberikut :

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى. الله اكبر

Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala. Allahu Akbar

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat lantaran Allah. Allah Maha Besar

2. Doa sholat taubat

Sesudah jawaban sholat taubat, kemudian berdzikir setelah sholat, kemudian membaca doa sholat taubat dengan Bacaan doa sholat taubat yaitu sebagai diberikut :

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِىْ لَااِلَهَ اِلّاَهُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمِ لَايَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًّاوَلاَ نَفْعًا وَلَامَوْتاً وَلَاحَيَاةً وَلَانُشُوْرًا.

Artinya : saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, saya mengakui bahwa tiada Tuhan selain Allah, Tuhan yang hidup terus dan selalu mengawasi, saya memohon taubat kepada-Nya, selaku taubatnya seorang hamba yang banyak berdosa, yang tidak memiliki daya upaya untuk berbuat mudharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun berdiri nanti.

3. Memperbanyak membaca induk istighfar

Pada sholat tasbih, sangat baik dan sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca induk istighfar yang bacaannya yaitu sebagai diberikut :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَااِلَهَ اِلّاَ اَنْتَ. خَلَقْتَنِى وَاَنَاعَبْدُكَ وَاَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ. اَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَاصَنَعْتُ اَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَىَّ وَاَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْلِى فَاِنَّهُ لَايَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اَنْتَ

Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan selain Engkau yang sudah membuat aku, dan akulah hamba-Mu. Dan saya pun dalam ketentuan serta janji-Mu sedapat mungkin saya lakukan. Aku mohon berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang sudah Engkau ciptakan, saya mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan saya mengakui dosaku, lantaran itu diberilah ampunan kepadaku, alasannya yaitu tidak ada yang sanggup memdiberi pengampunan, kecuali spesialuntuk Engkau sendiri. Aku memohon santunan dari segala kejahatan apa yang kulakukan.

Dalil hadits Nabi yang pertanda ihwal ajuan dari Rasulullah untuk mengerjakan sholat taubat adalah sebagai diberikut :


مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا، ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرثُمَّ يُصَلِّىثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّه؛َ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ اولئك جزاءهم مغفرة من ربهم وجنات تجرى من تحتهاالانهار خالدين فيها

Artinya : Setiap orang yang pernah berbuat dosa, kemudian segera bergerak dan berwudhu', kemudian sholat kemudian memohon ampunan dari Allah, niscaya Allah akan mempersembahkan ampunan baginya. Sesudah itu dibacanya surat ini : Mereka yang pernah mengerjakan kejahatan atau sudah berbuat dosa terhadap dirinya sendiri, kemudian mereka segera ingat kepada Allah, terus memohon ampunan atas dosanya. Siapa pula yang akan mengampuni segala dosa jikalau bukan Allah. Sesudah itu mereka insyaf dan sadar bahwa tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa menyerupai yang sudah-sudah, maka mereka itu akan diganjar dengan suatu pengampunan dari Allah dan akan didiberi pahala dengan surga dimana dibawahnya mengalir air sungai-sungai, nun disitulah daerah mereka abadi awet.

Perilaku taubat ialah kewajiban bagi kita manusi selaku insan dimana sudah kodratnya menjadi daerah berbuat salah dan dosa. Hendaknya setiap kita melaksanakan dosa menyerupai yang sudah diterangkan di atas, hendaknya kita melaksanakan sholat taubat dengan tata cara sholat taubat beserta doa sholat taubat menyerupai yang dianjurkan oleh Rasulullah dalam hadits di atas supaya kita memperoleh pengampunan atas dosa-dosa kita.

0 Komentar untuk "Cara Sholat Taubat Dan Doanya"

Back To Top