Urutan Dan Doa Sholat Dhuha Lengkap

Untuk mengpertamai bahasan tentang doa sholat dhuha lengkap, mari kita kenali apa itu sholat dhuha? Sholat dhuha ialah sholat sunnah yang dilakukan pada waktu matahari sedang naik dengan jumlah rakaat sholat sekurang-kurangnya ialah dua rakaat dan boleh mengerjakannya empat rakaat, enam rakaat atau hingga delapan rakaat. Apabila ingin melaksanakan sholat dhuha 4 rakaat dan seterusnya. Sesudah menuntaskan 2 rakaat, maka lalu salam dan dilanjutkan 2 rakaat diberikutnya dan seterusnya. Sesudah itu membaca doa sholat dhuha.

Waktu pelaksanaan sholat dhuha ibarat yang sudah diutarakan di atas ialah pada waktu matahari sedang naik. Maksudnya ialah dikala matahari sedang naik setinggi kurang lebih 7 hasta atau dari pukul tujuh hingga hingga masuk waktu sholat dhuhur.

Urutan cara sholat dhuha ialah sebagai diberikut :
  • Bersuci dari hadats kecil sanggup dengan cara wudhu atau cara tayammum jikalau tidak ada air atau alasan sakit.
  • Sesudah wdhu atau tayammum selanjutnya ialah menuju daerah sholat dan berniat sholat dhuha. Lafadz bacaan niat sholat dhuha ialah :
أصَلِّي سُنَّةَ الضُحَى رَكَعَتَيْنِ لِلهِ تَعالىَ
Dibaca“Ushallii sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa”
Artinnya : “Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat, alasannya ialah Allah.”
Dalam membaca salah satu surat al-Qur'an untuk lebih utamanya dianjurkan supaya pada rakaat pertama pada sholat dhuha surat yang dibaca ialah surat Asy-Syamsu [Wasy Syamsi Wadlhuhaha...dst] dan pada rakaat kedua suart al-Qur'an yang dibaca ialah surat Adl-Dluha [Wadl-Dluhaa wa-laili...dst]
Jika melaksanakan sholat dhuha lebih dari dua rakaat, maka rakaat-rakaat selanjutnya dilakukan sama ibarat teladan diatas.

Doa sholat dhuha

Doa yang dibaca sehabis sholat dhuha ialah

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ 
Arti doa sholat dhuha di atas adalah : “Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuha-Mu, kecantikan ialah kecantikan-Mu, keindahan itu keindahan-Mu, kekuatan itu kekuatan-Mu, dan dukungan itu perlindungan-Mu, Ya Allah, jikalau rizkiku masih di atas langit, turunkanlah dan jikalau ada di dalam bumi, keluarkanlah, jikalau sukar, gampangkanlah, jikalau haram, sucikanlah, jikalau masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha-Mu, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang sudah engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh.

Itulah runtutan tata cara secara urut sholat dhuha dan doa sholat dhuha lengkap beserta artinya.
Sebagai motivasi perhiasan bagi kita supaya bersemangat melaksanakan sholat dhuha spesialuntuk alasannya ialah Allah, diberikut ini ialah sebuah hadits nabi Muhammad SAW tentang sholat dhuha akan sanggup menghapus dosa :

Hadtis Riwayat Tirmidzi yang artinya : siapa saja yang sanggup mengerjakan sholat dhuha dengan abadi,akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosanya itu sebanyak busa lautan. [Hr. Tirmidzi]...Subhanallah.......

0 Komentar untuk "Urutan Dan Doa Sholat Dhuha Lengkap"

Back To Top