Seruan Kepada Orang Beriman, Hebat Kitab, Manusia

Seruan atau menyeru atau boleh dikatakan memerintah yaitu salah satu metode dalam pendidikan secara islami baik kepada anak, orang remaja secara individu, kelompok atau masyarakat. Berikut ini yaitu contoh-contoh permintaan atau perintah yang ada dalam Al Qur'an al karim kepada orang-orang yang diberiman, kepada para jago kitab dan kepada para insan secara umum.

Seruan atau perintah kepada orang-orang yang diberiman

Hai orang-orang yang diberiman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (Q.S. 2:153)

Hai orang-orang yang diberiman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya, dan tidakbolehlah sekali-kali engkau mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. (Q.S. 3:102)

Hai orang-orang yang diberiman, penuhilah permintaan Allah dan permintaan Rasul apabila Rasul menyeru engkau kepada sesuatu yang memdiberi kehidupan kepada engkau. (Q.S. 8:24)

Seruan Kepada Ahli Kitab

Hai jago Kitab, marilah kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan engkau, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatu pun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan yang lain sebagai Tuhan selain daripada Allah. Jika mereka ber­paling maka katakanlah kepada mereka, "Saksikanlah, bahwa kami yaitu orang-orang yang menyerahkan diri (kepada Allah)". (Q.S. 3:64)

Hai jago kitab, sesungguhnya sudah hadir kepadamu Rasul kami, membuktikan kepadamu banyak dari isi Al-Kitab yang engkau sembunyikan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya sudah hadir kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan. (Q.S. 5:15)

Hai jago kitab, engkau tidak dipandang beragama sedikit pun sampai engkau menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Alkitab dan Al-Qur'an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Sesungguh­nya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhan­mu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada ke­banyakan dari mereka; maka tidakboleh engkau bersedih hati ter­hadap orang-orang yang kafir itu. (Q.S. 5:68)

Seruan Kepada Umat Manusia

Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang sudah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, semoga engkau ber­takwa. Dia-lah yang mengakibatkan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, kemudian Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rizki untukmu; alasannya yaitu itu tidakbolehlah engkau mengadakan sekutu bagi Allah, padahal engkau mengetahui. (Q.S. 2:21-22)

Hai manusia, sesungguhnya sudah hadir kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, (Muhammad dengan mu'jizatnya) dan sudah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang-benderang (Al-Qur'an). (Q.S. 4:174)

Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu yaitu suatu insiden yang sangat besar (dahsyat). (Ingatlah) pada hari (ketika) engkau melihat kegoncangan itu, lalailah tiruana perempuan yang menyusui anaknya dari anak yang disusukannya dan gugurlah kandungan segala perempuan yang hamil, dan engkau lihat insan dalam keadaan mabuk, padahal bahu-membahu mereka tidak mabuk, akan tetapi adzab Allah itu sangat kerasnya. (Q.S. 22:1-2)
0 Komentar untuk "Seruan Kepada Orang Beriman, Hebat Kitab, Manusia"

Back To Top