Penjelasan Turunnya Al-Quran-Nuzulul Quran

Masih berkaitan dengan bulan ramadhan ialah bulan yang berkaitan dengan kejadian nuzulul Quran atau turunnya al quran. Mengenai kejadian tersebut di terangkan dalam firman Allah swt dalam Al-Qur'an Al-Karim surat al-Baqarah ayat 184 yang bunyinya sebagai diberikut :

شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِ 

Artinya : Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Alquran sebagai petunjuk bagi insan dan penjelasan-penjelasan terkena petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Tanggal turunnya al Quran

Adapun tanggal nuzulul Quran berdasarkan para ulama, berdasarkan Imam Ibnu Ishaq, turunnya alquran ialah pada tanggal 17 bulan Ramadhan tahun 41 dari kelahiran Nabi Muhammad saw. Allah berfirman dalam al quran :

إِن كُنتُمۡ ءَامَنتُم بِٱللَّهِ وَمَآ أَنزَلۡنَا عَلَىٰ عَبۡدِنَا يَوۡمَ ٱلۡفُرۡقَانِ يَوۡمَ ٱلۡتَقَى ٱلۡجَمۡعَانِ 

Jika engkau diberiman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan.

Yang dimaksud dengan hari bertemunya dua pasukan ialah pasukan kaum muslimin dan kaum musrikin untuk bertempur yaitu bertempur pada hari perang badar yaitu tanggal 17 bulan Ramadhan.

Dari Imam Thobari menandakan sanad dari Sayyidina Hasan bin 'Ali Karromallahu Wajhah :

Artinya : berkata sayyidina Hasan, malam furqan (lailatul Furqan, turunnya al quran) itu bersamaan dengan hari bertempurnya antara kaum muslimin dengan kaum musrikin (peperangan badar) yaitu tanggal 17 bulan Ramadhan tahun yang kedua dari Hijrah.

Adapun ayat pertama yang diterima Nabi Muhammad saw dikala berada di Gua Khira' tanggal 17 Bulan Ramadhan yaitu Surat Al-'Alaq ayat 1-5 :

ٱقۡرَأۡ بِٱسۡمِ رَبِّكَ ٱلَّذِي خَلَقَ.  خَلَقَ ٱلۡإِنسَٰنَ مِنۡ عَلَقٍ.  ٱقۡرَأۡ وَرَبُّكَ ٱلۡأَكۡرَمُ.  ٱلَّذِي عَلَّمَ بِٱلۡقَلَمِ. عَلَّمَ ٱلۡإِنسَٰنَ مَا لَمۡ يَعۡلَمۡ 
Artinya : Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia sudah membuat insan dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada insan apa yang tidak diketahuinya.

Empat ayat tersebut di atas, mengandung arti yang mendidik sebagai diberikut :
  • Pendidikan batiniyah: Bahwa insan harus selalu ingat kepada Tuhan mereka yaitu Allah swt yang sudah menciptakan.
  • Pendidikan halusnya kebijaksanaan pekerti: bahwa insan biar ingat asal mula dibuatnya insan atau penciptaan manusia.
  • Arti memberantas buta huruf: bahwa manusia  biar supaya dapat menulis dan membaca
  • Mengandung pendidikan biar insan mementingkan pendidikan pengajaran dan kebudayaan.
Turunnya Al Quran  tidak eksklusif sekaligus (satu gelondong), namun sedikit-sedikit sesuai dengan kebutuhan Nabi Muhammad saw. Seperti firman Allah swt dalam alquran sebagai diberikut :

وَقُرۡءَانٗا فَرَقۡنَٰهُ لِتَقۡرَأَهُۥ عَلَى ٱلنَّاسِ عَلَىٰ مُكۡثٖ وَنَزَّلۡنَٰهُ تَنزِيلٗا

Dan Al Alquran itu sudah Kami turunkan dengan berangsur-angsur biar engkau (Muhammad) membacakannya perlahan-lahan kepada insan dan Kami menurunkannya cuilan demi bagian.

Bagian demi cuilan maksudnya ialah bertahap dan berangsur-angsur sesuai dengan kebutuhan Nabi Muhammad.

Ayat al quran yang paling selesai diturunkan ialah Surat Al-Maidah ayat 3 yang berbunyi :

ٱلۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ وَأَتۡمَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ نِعۡمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلۡإِسۡلَٰمَ دِينٗا

Artinya : Pada hari ini sudah Kusempurnakan untuk engkau agamamu, dan sudah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan sudah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.

Adapun waktu mulai turunnya al quran (nuzulul quran) sampai tamat atau turunnya ayat yang terkahir ialah selama 22 tahun 2 bulan 22 hari (23 tahun).

Demikianlah klarifikasi dari al quran dan juga dari para ulama terkena cuilan nuzulul quran atau turunnya al quran beserta maksud pendidikan yang terkandung daru ayat pertama yang turun kepada Nabi Muhammad saw
0 Komentar untuk "Penjelasan Turunnya Al-Quran-Nuzulul Quran"

Back To Top