Memaknai Pengertian Lapang Dada & Membiasakannya

Tentang pengertian nrimo dalam aliran islam terbagi dalam 2 sudut padang. Pengertian berdasarkan bahasa dan pengertian berdasarkan istilah. Menurut bahasa, pengertian nrimo artinya tulus dan membersihkan. Sedangkan berdasarkan istilah, makna dan arti nrimo ialah mengerjakan suatu kebaikan dengan semata-mata mengharap rida Allah SWT. Bagi orang yang ikhlas, suatu perbuatan baik tidak harus dikaitkan dengan imbalan atau balasan, apalagi hal itu diharapkannya dari insan atau orang yang didiberi kebaikan oleh kita, melainkan spesialuntuk semata-mata ingin mendapatkan rida Allah SWT. Makara meskipun tidak mendapatkan imbalan apa pun, dan dari pihak mana pun, ia akan tetap melaksanakan perbuatan baiknya itu.

Ikhlas ialah sikap perbuatan yang timbul lantaran adanya keinginan sendiri, bukan lantaran perintah atau paksaan orang lain. Jika mengerjakan sesuatu lantaran mengharap imbalan dari suatu pihak tertentu maka belum termasuk ikhlas. Misalnya, mengerjakan salat lantaran ingin dipuji oleh orang tua, orang lain, atau pacar dan mengharap kebanggaan yang lain berarti ibadah salat tersebut tidak ikhlas, bahkan tidak mendapatkan pahala lantaran termasuk perbuatan "riya".

Sikap nrimo sangat penting dimiliki oleh setiap muslim, alasannya ialah hidup ini akan terasa berat bagi orang yang tidak ikhlas. Namun sebaliknya akan terasa enteng bagi mereka yang berhati nrimo dan tulus. Selain itu, sikap nrimo juga sanggup menhadirkan aneka macam laba bagi pelakunya.

diberikut ini ialah manfaat dan laba dari sikap dan sikap nrimo antara lain sebagai diberikut.
  • Pekerjaan terasa enteng dan sangat bahagia, alasannya ialah dilakukan dengan senang hati dan sepenuh hati.
  • Bekerja tanpa beban dan paksaan lantaran yang memerintah hati nuraninya, bukan orang lain atau hawa nafsunya. 
  • Semakin banyak berbuat kebaikan, semakin senang hatinya lantaran sudah bisa menolong banyak orang atau pihak.
  • Mengerjakannya dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawaban.
  • Bebas dari impian untuk dipuji orang atau disanjung oleh pihak lain.
  • Melakukannya dengan penuh pengabdian.
Allah SWT. menyeru kita untuk selalu nrimo dalam beramal, khususnya dalam diberibadah kepada Allah SWT. sepertiyang dalil alam firman-Nya:

 إِنَّآ أَنزَلۡنَآ إِلَيۡكَ ٱلۡكِتَٰبَ بِٱلۡحَقِّ فَٱعۡبُدِ ٱللَّهَ مُخۡلِصٗا لَّهُ ٱلدِّينَ . أَلَا لِلَّهِ ٱلدِّينُ ٱلۡخَالِصُۚ 

Artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan tulus nrimo beragama kepada-Nya. Ingatlah! Hanya milik Allah agama yang murni (dari syirik) ...." (Q.S. Az-Zumar: 2-3)

Bentuk dan teladan sikap ikhlas
 
Ikhlas artinya membersihkan dan tulus dalam melaksanakan sesuatu, tanpa adanya impian untuk mendapatkan imbalan dan akhir dari apa yang dikerjakannya itu, selain mengharapkan rida Allah SWT. semata. Ikhlas atau tidaknya seseorang dalam melaksanakan suatu perbuatan sangat tergantung pada niatnya. Adapun niat itu tempatnya di dalam hati, sehingga keikhlasan seseorang sukar untuk diketahui. Namun demikian, sanggup dilihat dari sikap perilaku, ucapan dan tindakannya. Bentuk sikap nrimo ada dua, yaitu sebagai diberikut.
  • Ikhlas dalam ucapan
Maksudnya ucapan yang disampaikan dengan tulus, tidak mengandung unsur dusta, tidak bermaksud membuat orang lain celaka, dan tidak lantaran terpaksa, melainkan atas dasar sukarela. misal orang yang nrimo dalam ucapan antara lain ucapan guru yang sedang mengajarkan ilmu kepada anakdidik- anakdidiknya, ticapan orang renta ketika sedang menasihati anaknya, dan ucapan suami yang sedang membimbing istrinya.
  • Ikhlas dalam perbuatan
Maksudnya perbuatan yang dilakukan dengan tulus, tanpa pamrih dan sepenuh hati. Orang yang nrimo dalam bersedekah dan berbuat sesuatu, tidak akan merasa terbebani atau terpaksa atas perbuatannya itu. Melainkan ia merasa senang dan gembira sudah sanggup bersedekah atau berbuat demikian. misalnya, mempersembahkan menolongan berupa barang atau jasa pekerjaan kepada orang lain, meskipun terasa berat waktu mengerjakannya, namun tetap dilaksanakannya dengan sukacita, lantaran senang melakukannya. Selain itu juga, tidak membicarakan wacana menolongannya itu kepada orang lain, apalagi mengungkit- ungkitnya di kemudian hari.
misal dan perumpamaan yang aktual bagi sikap nrimo dalam perbuatan, ialah ketika kita mau membuang air besar. Kita menjalankannya dengan senang hati. Mulai dari berangkat menuju WC, duduk menungguinya hingga tuntas, memmembersihkankannya dengan air, dan meninggalkan apa yang sudah kita membuang itu tanpa ada rasa penyesalan, dan tidak mengungkit-ungkitnya di kemudian hari.

Demikian juga dengan sikap nrimo yang mesti dimiliki oleh setiap muslim. sepertiyang yang dijelaskan oleh Allah SWT. dalam Al-Qur'an al karim.

وَيُطۡعِمُونَ ٱلطَّعَامَ عَلَىٰ حُبِّهِۦ مِسۡكِينٗا وَيَتِيمٗا وَأَسِيرًا ٨ إِنَّمَا نُطۡعِمُكُمۡ لِوَجۡهِ ٱللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنكُمۡ جَزَآءٗ وَلَا شُكُورًا  

Artinya: “Dan mereka mempersembahkan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim, dan orang yang ditawan (sambil berkata), Sesungguhnya kami memdiberi makanan kepadamu spesialuntuklah lantaran mengharapkan keridaan Allah, kami tidak mengharap akhir dan terima kasih dari engkau”. (Q.S. Al-Insan: 8-9)

Nilai-nilai positif dari sikap ikhlas

Ikhlas dan tulus atas apa yang dilakukan dan diucapkan ialah sikap terpuji, dan mengandung nilai-nilai yang sangat luhur dan mulia. Nilai-nilai luhur berakhlak nrimo sanggup diklasifikasikan sebagai diberikut :
  • Tidak mengharapkan imbalan suatu apa pun, kecuali rida Allah SWT. semata.
  • Mengerjakan sesuatu atas kesadaran sendiri, tidak lantaran adanya paksaan atau tekanan dari pihak lain.
  • Mengerjakan segala sesuatu dengan sepenuh hati, tanpa ada rasa sungkan dan malas apalagi meremehkan atas pekerjaannya tersebut.
  • Tidak girang ketika dipuji, dan tidak benci ketika dicela dan dicaci.
  • Bersedia mendapatkan masukan, masukan, dan Koreksi dari orang/pihak lain dengan senang hati.
Teknik membiasakan diri berperilaku terpuji ikhlas
Bersikap sikap nrimo ialah suatu perbuatan yang amat terpuji dan harus dipegang teguh oleh setiap muslim. Oleh alasannya ialah itu, hendaknya kita mulai membiasakan diri berperilaku nrimo dalam setiap ucapan dan perbuatan Berperilaku nrimo bergotong-royong tidak susah, jikalau terasa berat itu spesialuntuklah bisikan setan yang selalu menarik hati insan biar tidak melaksanakan perbuatan baik. Makara hendaknya kita latihan semenjak ketika ini, biar kelak menjadi terbiasi berakhlak ikhlas.
Dalam upaya membiasakan diri berakhlak ikhlas, ada baiknya diperhatikan beberapa hal sebagai diberikut ini.
  • Tanamkan kesadaran dalam hati bahwa apa pun yang kita miliki hakikatnya spesialuntuk titipan dari Allah.
  • Hendaknya meluruskan niat pada setiap melaksanakan suatu amal perbuatan, semata-mata spesialuntuk ingin mendapatkan rida Allah SWT.
  • Dalam bersedekah tidakboleh pilih kasih, melainkan tiruana orang harus dipandang sama.
  • Lupakan setiap amal kebaikan yang sudah dilakukan, biar tidak mempunyai rasa besar kepala dan sombong.
  • Berdoalah kepada Allah SWT. biar didiberi kekuatan dalam berakhlak ikhlas.
Tag : Ilmu Akhlak
0 Komentar untuk "Memaknai Pengertian Lapang Dada & Membiasakannya"

Back To Top