Keutamaan, Doa Lengkap Sehabis Wudhu

Berikut ini yaitu keutamaan-keutamaan wudhu, dan bacaan doa setelah wudhu yang perlu kita jelaskan kepada anak dan juga praktekkan sehari-hari. Bacaan doa setelah wudhu yaitu bacaan doa ma'tsur yang hendaknya kita baca setelah melakukan wudhu'.

Keutamaan-keutamaan wudhu' antara lain bahwa wudhu' itu sanggup melebur dosa-dosa, berdasar hadits yang di­riwayatkan oleh Muslim dan Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Jika seorang hamba Muslim berwudhu', maka ia membasuh mukanya, maka bersama air yang berjatuhan itu keluar dari wajahnya setiap kesalahan (dosa) yang dilihat oleh kedua mata kepalanya, atau keluar bersama titik terakhir dari nir wudhu'-nya itu, dan jikalau ia membasuh kedua kakinya, setiap dosa yang dilakukan kedua kakinya keluar bersama air yang digunakan wudhu' atau bersama titik terakhir dari air itu, sehingga ia keluar dalam keadaan suci dari dosa-dosa".

Doa setelah wudhu atau doa setelah wudhu

Biasakan dalam diri kita dan ajarkan kepada anak-anak, jikalau setelah selesai berwudhu' biar mem­baca doa yang ma'tsur:

أَشْهَدُ أَنْ لاَاِلَهَ إِلاَّ اﷲُ٬ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكََ لَهُ ٬ وَأَشْهَدُ أََنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُُهُ٠

Aku bersaksi bersama-sama tiada dewa melainkan Allah, Yang Tunggal, yang tidak ada sekutu bagi-Nya, dan saya bersaksibahwasanya Muhammad yaitu hamba-Nya dan utusan-Nya. (H.R. Muslim dan Ahmad).

اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ٠

Ya Allah, jadikanlah saya termasuk golongan orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah saya termasuk golongan orang-orang yang bersuci. (H.R. At-Tirmidzi).

سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ٬ أَشْهَدُ أَنْ لاَاِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ٬ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ٠

Maha Suci Engkau, Ya Allah dengan segala puji-Mu, saya ber­saksi bersama-sama tiada dewa selain Engkau, saya mohon ampunan-Mu dan saya bertaubat kepada-Mu. (H.R. An-Nasa'i).

Hendaknya kita juga membiasakan dalam diri kita dan mengajarkannya kepada bawah umur kita untuk mengerjakan shalat sunah dua raka'at setiap setelah wudhu', sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim dan Ahmad dari 'Uqbah bin 'Amir Al-Jahni ra., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda:

مَامِنْ مُسْلِمٍ يَتَوَضَّاءُ فَيُحْسِنُ وُضُوْءَهُ٬ ثُمَّ يَقُوْمُ فَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ يَقْبَلُ عَلَيْهِمَا بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ إِلاَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةَ٠

"Tidaklah seorang Muslim berwudhu' dan ia menyempurnakan wudhu'nya, lalu mengerjakan shalat dua raka'at sesudah­nya, dikerjakan dengan hati dan wajahnya, kecuali diwajibkan baginya surga".)

Perihal cara wudhu beserta doa sebelum wudhu dan doa setelah wudhu', dipersilahkan sanggup anda baca pada linktersebut. Perlu  ditekankan di sini, bahwa hadits-hadits yang memerintahkan bersiwak lebih dari seratus hadits.Itulah keutamaan wudhu berdasarkan dalil hadits dan juga doa setelah selesai wudhu'
Tag : ILmu Wudlu'
0 Komentar untuk "Keutamaan, Doa Lengkap Sehabis Wudhu"

Back To Top