Contoh Metode Pendidikan Dengan Perhatian

Metode pendidikan dengan mempersembahkan perhatian yaitu ialah salah satu metode pendidikan yang anjurkan dan diajarkan dalam agama islam. Metode perhatian ini sudah di implementasikan oleh baginda Nabi besar Muhammad SAW dalam mempersembahkan pengajaran dan pendidikan kepada kaumnya, Di bawah ini yaitu beberapa hadits Nabi contoh-contoh metode pendidikan dengan memdiberi perhatian oleh Nabi Muhammad SAW:

Salah Satu Perhatiannya dalam Pendidikan Sosial.

Diriwayatkan Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Sa'id Al- Khudzri ra. dari Rasulullah saw. bersabda:
Jauhkanlah duduk-duduk di tepi jalan. Para sobat erat ber­tanya, "Apakah boleh kalau kami duduk-duduk spesialuntuk untuk ber­bincang-bincang?" Sabda Rasulullah saw., "Jika memang kalian menolak kecuali duduk-duduk di sana, maka diberikanlah jalan haknya". Mereka bertanya, "Apakah hak jalan wahai Rasulullah?" Rasulullah saw. bersabda, "Tundukkanlah pandangan, mencegah dari sesuatu yang menyakitkan, membalas ucapan salam, meme­rintahkan untuk melaksanakan yang ma'ruf dan mencegah dari sesuatu yang munkar".

Salah Satu Perhatiannya dalam Memperingatkan yang Haram.

Diriwayatkan oleh An-Nawawi dalam Riyadhu 'sh-Shalihin dari Ibnu Abbas ra. bahwa Rasulullah saw. melihat sebentuk cin­cin terbuat dari emas yang terpasang pada salah satu jemari se­orang laki-laki. Maka ia melepas, mencampakkannya dan bersabda:

"Salah seorang kalian sengaja mendekati bara api, maka di­letakkannya (cincin itu) pada tangannya!" Sesudah Rasulullah saw. meninggalkan orang itu. Dikatakan kepada orang itu, "Ambillah cincinmu dan manfaatkanlah!" Orang itu bertanya, "Tidak, demi Allah, saya tidak akan mengambilnya sama sekali, dan Rasulullah saw. sudah mencampakkannya".

Perhatiannya dalam Mendidik Anak Kecil

Diriwayatkan Al-Bukhari dan Muslim dari Umar bin Ibnu Abi Salmah ra., ia berkata: Dahulu, dikala masih kecil, saya berada dalam pengawasan Rasulullah saw. Pada suatu dikala tanganku bergerak hendak mengambil daerah makanan, Rasulullah saw. bersabda, "Wahai anak, bacalah Basmalah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah apa yang layak bagimu".

Perhatiannya dalam Memdiberi Petunjuk Kepada Kaum Dewasa.

Diriwayatkan Abu Daud dan Al-Baihaqi dari 'Abdu '1-Lah bin 'Amir ra., Pada suatu hari ibuku memanggilku, dan pada waktu itu Rasulullah saw. sedang berada bersama kami. Ibuku berkata, "Mari sini, nanti saya diberi!" Rasulullah saw. bertanya, "Apa yang hendak engkau diberikan kepadanya?" Ibuku berkata, "Saya hen­dak mempersembahkan kurma kepadanya". Maka Rasulullah saw. bersabda, "Jika engkau tidak mempersembahkan sesuatu kepadanya, maka engkau dicatat sebagai pendusta".
Perhatiannya dalam Pendidikan Moral
Diriwayatkan Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Bakrah ra. bahwa seorang pria disebutkan di hadapan Rasulullah saw., kemudian seorang memujinya. Rasulullah saw. bersabda:
"Celakalah engkau! Kamu sudah memotong leher sobat erat mu!" Rasulullah saw. selalu mengulang perkataan, "Jika salah seorang dari kalian dihentikan tidak (terpaksa) untuk memuji, maka hendaknya ia berkata, Apakah ia menduga begini dan begitu kalau ia melihat gotong royong ia demikian, dan yang memu­liakannya yaitu Allah, dan tidak seorang pun mensucikan atas Allah".).
Perhatiannya dalam Pendidikan Spiritual.
Diriwayatkan Asy-Syakhani dari An-Nu'man bin Basyir ra. bahwa bapaknya membawanya kepada Rasulullah saw.
Ayahku berkata, "Sesungguhnya saya sudah memdiberi anakku seorang budak yang asalnya yaitu kepunyaanku". Rasulullah saw. bertanya, "Apakah tiruana anakmu kami diberi menyerupai ini?" Ayahku berkata, "Tidak". Maka Rasulullah saw. bersabda, "Kem­balikanlah ia . . .". Dalam riwayat lain, maka Rasulullah saw. bersabda, "Apakah engkau melaksanakan ini dengan anak-anakmu tiruana?" Ayahku berkata, "Tidak". Rasulullah saw. bersabda, "Bertakwalah engkau kepada Allah dan berlaku adillah kepada anak-anakmu. Maka ayahku pulang, dan mengembalikan sedekah­nya. Dan pada riwayat lain, Rasulullah saw. bersabda, "Maka tidakbolehlah engkau mempersaksikan kepadaku, maka sesungguhnya saya tidak memdiberi kesaksian atas perbuatan durhaka".
Perhatiannya dalam Pendidikan Jasmani
Ketika Rasulullah saw. melihat seseorang minum menyerupai minumnya unta, maka berkatalah ia — sebagaimana yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi:

لاَتَشْرَبُوْا شُرْبًا وَاحِدًا كَشُرْبِ الْبَعِيْرِ ٬ وَلَكِنِ اشُرَبُوْا مَشْنَى وَثُلاَثَ ٬ وَ سَمُّوْا إِذَا أَنْتُمْ شَرِبْتُمْ ٬ وَاحْمَدُوْا اِذَا أَنْتُمْ رَفَعْتُمْ 
Janganlah kalian minum sekaligus menyerupai minumnya unta. Tetapi minumlah dua dan tiga (teguk), dan bacalah Bismil­lah dikala kalian hendak minum dan bacalah Al-Hamdu lillah dikala kalian usai minum.

Al-Bukhari dalam Shahih-nya meriwayatkan bahwa Rasulul­lah saw. lewat di hadapan para sobat dekatnya dalam kelompok pe­manah. Maka ia mempersembahkan dorongan kepada mereka dan berkata:

اُرْمُوْا وَأَنَا مَعَكُمْ كُلُّكُمُ
"Lontarkanlah dan saya beserta kalian tiruana".

Perhatiannya dalam Pendidikan Dakwah dan Lembut Kepada Orang Lain.

Diriwayatkan Asy-Syakhani dari Anas ra. ia berkata: Aku berjalan bersama Rasulullah saw. Beliau mengenakan kain buatan Najran yang kasar, maka diketahui oleh seorang Badawi, dan ditariknya kain itu secara kasar. Sehingga meninggal­kan bekas pada leher (tengkuk) Rasulullah saw. alasannya yaitu kerasnya tarikan Badawi itu. Kemudian Badawi tersebut berkata, "Wahai Muhammad, diberikan padaku sebagian harta Allah yang ada pada­mu". Rasulullah saw. berpaling kepadanya dan tertawa, kemudian memerintahkan untuk didiberikan kepadanya!

Demikianlah sebagian pola dalam upaya pengawasan dan perhatian Rasulullah saw. kepada anggota masyarakat yang bangun atas petunjuk dan perbaikannya. Ini ialah pola hidup dan nyata, yang menguatkan bahwa Rasulullah saw. sangat mem­perhatikan pendidikan umat manusia, memecahkan segala per­soalan mereka, memperbaiki keadaan dan mengangkat dari ke­adaan mereka.
0 Komentar untuk "Contoh Metode Pendidikan Dengan Perhatian"

Back To Top