Adab Takziah Yang Baik Dan Benar

melaluiataubersamaini ijin Allah diberikut ini akan disampaikan tata cara sopan santun takziah yang benar dan beberapa hal terkait dengan takziah yang mencakup definisi atau pengertian takziah, hukum takziah dan hikmah takziah. Sebelum hingga ke bahan judul yaitu sopan santun takziah yang benar, mari kita pahami terlebih lampau ihwal pengertian dari takziah.

Pengertian takziah berdasarkan bahasa Takziah artinya yaitu menghibur. Sedangkan pengertian Takziah berdasarkan istilah syara' yaitu mengunjungi keluarga orang yang meninggal dunia dengan tujuan supaya keluarga yang ditinggalkan dan sedang mendapat tragedi alam sanggup terhibur, didiberikan kesabaran dan keteguhan dalam menghadapi tragedi alam serta mendoakan mayit atau orang yang meninggal semoga diampuni oleh Allah dosa-dosanya selama menjalani hidup di dunia.

Apa hukumnya bertakziah

Takziah hukumnya yaitu sunnah. Takziah yaitu ialah kewajiban bagi setiap muslim kepada muslim yang lain dan orang yang meninggal dunia berhak atas hak takziah. Perlu kita ketahui bekerjsama hak orang Islam yang lain ada lima, yaitu menjawaban salam, menjenguk orang sakit, mengantar jenazah, menghadiri undangan, dan mendoakan orang yang bersin.

Bagaimana Adab Takziah yang baik dan benar?

Kembali kepada bahan judul di atas yaitu sopan santun takziah yang benar, diberikut ini yaitu uraian singkat terkena tata cara sopan santun takziah yang benar yaitu sebagai diberikut :
  • Orang yang mendengar adanya tragedi alam orang meninggal atau kematian hendaknya mengucapkan Kalimah Tayyibah yang bunyinya "Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun" yang artinya: Sesungguhnya kami yaitu milik Allah dan kepada-Nya kami akan kembali.
  • Orang muslim yang bertakziah sebaiknya menggunakan baju atau berpakaian rapi dan sopan. Apabila orang yang bertakziah sudah berada di rumah duka/tempat orang yang meninggal, maka kita seharusnya menawarkan perasaan sedih, dihentikan tertawa, dan sebaiknya tidakboleh berbicang-bincang dengan orang lain yang terlalu mencolok.
  • Orang muslim yang bertakziah hendaknya harus menghibur ashhabul tragedi alam atau keluarga yang mengalami tragedi alam supaya mereka sabar dalam menghapi musibah alasannya yaitu tiruana insan niscaya akan mengalami yang namanya kematian atau meninggal. Apabila keadaannya memungkinkan,  sebaiknya orang yang bertakziah mendekati jenazahnya dan mendoakannya semoga dosa-dosanya diampuni oleh Allah Azza Wajalla.
  • Apabila keadaan memungkinkan, orang yang bertakziah sebaiknya sanggup mempersembahkan proteksi sehingga sanggup meentengkan beban dari keluarga yang ditinggalkan.
  • Orang yang bertakziah hendaknya berusaha untuk sanggup mensholatkan mayat dengan ikut shalat jenazah, mengantarkan mayat ke tempat pemakaman atau kuburan serta mendoakannya.
Apa pelajaran atau hikmah yang sanggup kita ambil dari takziah?
Beberapa hikmah yang sanggup kita ambil dari takziah antara lain yaitu sebagai diberikut :
  • Takziah daoat membuat hubungan silaturrahmi yang lebih erat antara keluarga yang mengalami tragedi alam kematian dengan orang yang bertakziah. 
  • melaluiataubersamaini takziah dibutuhkan keluarga yang mengalami tragedi alam kematian sanggup terhibur dengan tujuan sanggup mengurangi beban kesedihan dari keluarga yang ditinggalkan.
  • melaluiataubersamaini takziah, orang muslim yang bertakziah sanggup mendoakan kepada mayat semoga dosa-dosanya semasa hidup diampuni oleh Allah swt serta amal kebaikannya sanggup diterima oleh Allah. 
  • Orang yang bertakziah dengan ikhlas insyallah akan mendapat pahala dari Allah swt.
Keluarga muslim yang ditinggalkan alasannya yaitu kematian berhak mendapat hak takziah dari sesama muslim lainnya dengan berpedoman pada sopan santun takziah yang baik dan benar.
Tag : Hukum Islam
0 Komentar untuk "Adab Takziah Yang Baik Dan Benar"

Back To Top