Menjaga Lingkungan Pergaulan Untuk Kebaikan Akhlak

Manusia dalam hidup dan kehidupan tidak sanggup hidup sendiri yang artinya tidak akan lepas dari korelasi dengan orang lain yaitu manusia sebagai mahluk sosial. Oleh alasannya itu insan memerlukan korelasi dengan insan yang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. melaluiataubersamaini demikian terjadilah apa yang disebut dengan pergaulan. Dalam pergaulan kehidupan sehari-hari, mereka saling menghipnotis di antara yang satu dengan yang lainnya, baik dalam tingkah laku, cara berpikir, dalam sifat dan perangainya masing-masing.
 
Berikut ini ialah macam dan jenis dari bentuk lingkungan pergaulan yang perlu kita jaga sehingga mempersembahkan dampak dan imbas konkret pada akhlak dan sikap diri kita, anggota keluarga dan masyarakat lainnya.
 
1. Menjaga lingkungan dalam rumah tangga
Dalam lingkungan rumah tangga, budbahasa kedua orang bau tanah memiliki imbas yang sangat besar terhadap sikap dan perangai anak-anaknya. Oleh alasannya itu, hendaknya budbahasa kedua orang bau tanah dan juga orang yang lebih bau tanah yang menjadi suri tauladan harus baik sehingga belum dewasa serta anggota keluarga yang lain sanggup menggandakan akhlak yang baik dan mulia tersebut, sehingga tiruana keluarga mempuyai dan berakhlak yang baik dan mulia pula

2. Menjaga lingkungan pekerjaan

Lingkungan pekerjaan sanggup berupa suatu perusahaan, kantor pemerintah, instansi pendidikan dan lain sebagainya, ketiruananya itu sanggup menghipnotis perkembangan pribadi, sikap dan budbahasa seseorang. Suri tauladan dan budbahasa yang baik akan sanggup membuat lingkungan yang konkret dalam mendorong sikap dan budbahasa serta perangai individu yang baik dan mulia

3. Menjaga lingkungan organisasi’

Setiap orang yang mengikuti suatu organisasi, akan terpengaruh oleh harapan yang sudah digariskan oleh organisasi tersebut. Cita-cita itu akan menghipnotis sikap, ucapan dan perangai para anggotanya. Oleh alasannya itu bergabunglah dengan lingkungan organisasi yang memegang teguh dan berpedoman kepada anutan islam yang bersumber dari kitabullah al qur’an dan hadits Nabi Muhammad saw.

4. Menjaga lingkungan kehidupan ekonomi

Masalah ekonomi ialah persoalan yang penting dalam kehidupan manusia. Oleh lantaran itu hubungan-hubungan dalam perekonomian akan mempersembahkan banyak imbas pada tingkah laris seseorang.

5. Menjaga lingkungan dalam pergaulan bebas.

Pergaulan bebas sangat kuat besar terhadap seseorang. Suatu teladan : seorang dewasa yang bergaul dengan para pecandu narkotika, akan terpengaruh menjadi penggemar narkotika pula. Sebaliknya, apabila seseorang bergaul dengan remaja-remaja yang baik dan berakhlak baik dan mulia serta berperangai baik dalam segala hal, pasti seseorang tersebut akan terbawa kepada hal-hal yang baik pula.

Demikianlah factor-faktor lingkungan yang mempersembahkan imbas terhadap sifat, kelakuan, budbahasa dan perangai dari seseorang, kelompok dan bangsa. Menjaga lingkungan pergaulan dengan baik akan sanggup menjadi salah satu factor penentu terbentuknya akhlakul karimah yang menjadi dambaan setiap orang.

Firman Allah swt. Dalam kitabullah al-Qur’an :

قُلۡ كُلّٞ يَعۡمَلُ عَلَىٰ شَاكِلَتِهِۦ فَرَبُّكُمۡ أَعۡلَمُ بِمَنۡ هُوَ أَهۡدَىٰ سَبِيلٗا

Artinnya :  Katakanlah: "Tiap-tiap orang berbuat berdasarkan keadaannya masing-masing". Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya.
Tag : Ilmu Akhlak
0 Komentar untuk "Menjaga Lingkungan Pergaulan Untuk Kebaikan Akhlak"

Back To Top