Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga

Seringkali dikala sedang asik berolahraga, kita terhenti oleh karena munculnya rasa sakit di perut yang cukup menyiksa. Rasa sakit di perut dikala olahraga dikenal dengan sebutan kram perut. Kram perut mampu menjadi momok yang cukup mengganggu program olahraga kita. Sesudah hadir rasa sakit biasanya kita tidak mampu lagi melanjutkan olehraga dan harus didiberistirahat. Kram perut mampu terjadi karena beberapa alasannya yaitu ialah antara lain, tubuh belum sempurnanya air, tubuh belum sempurnanya oksigan dan olahraga sehabis makan.

Kram perut kerap muncul dikala olahraga

Saat olahraga suhu tubuh akan meningkat sehingga menjadikan dikeluarkan banyak keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Keringat yang keluar dari tubuh apabila tidak dibarengi dengan asupan air mampu menjadikan tubuh belum sempurnanya air (dehidrasi). Semakin keras olahraga yang kita lakukan semakin banyak keringat yang keluar, menjadikan semakin cepat terjadinya dehidrasi. Hal ini akan memicu munculnya kram perut dikala berolahraga.

Untuk mengatasi persoalan tersebut mampu dilakukan dengan minum air putih di sela-sela olahraga atau sebelum olahraga. Minum air dikala atau sebelum olahraga akan menjaga tubuh dari belum sempurnanya cairan tubuh yang menjadikan kram perut. Air hirau taacuh cenderung lebih praktis diserap oleh tubuh dibandingkan dengan air gerah, meminum air hirau taacuh sebelum olahraga baik untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Minum air putih untuk mencegah kram perut

Kekurangan oksigen juga mampu menjadi penyebab munculnya kram perut. Oksigen diperlukan tubuh untuk proses pembentukan energi. Saat olahraga, tubuh membutuhkan asupan oksigen yang lebih banyak dibandingkan dikala tubuh didiberistirahat. Apabila oksigen yang dihirup melalui udara pernapasan jumlahnya tidak cukup mampu menjadi pemicu munculnya kram perut.

Kekurangan oksigen mampu dihindari dengan melakukan pernapasan yang teratur dikala berolahraga. Mengobrol dikala berolahraga mampu mengurangi volume udara pernapasan yang masuk sehingga menjadikan tubuh belum sempurnanya oksigen. Bernapas secara teratur dan menghindari mengobrol mampu menghindari kram perut dikala olahraga.

Mengatur pernapasan untuk mencegah kram perut

Hal terakhir yang menjadi penyebab utama kram perut ialah melakukan olehraga sehabis selesai makan. Makanan dalam sistem pencernaan membutuhkan waktu beberapa jam untuk dicerna. Sesudah makan, makanan akan masuk ke dalam lambung. Apabila olahraga dilakukan dikala makanan masih di dalam lambung akan menjadikan terjadinya kram perut.

Untuk mencegah timbulnya kram perut mampu dilakukan dengan tidak langsung melakukan olahraga sehabis selesai makan. Berolahragalah sekitar satu setengah jam sehabis selesai makan biar pencernaan di lambung sudah selesai sehingga tidak menjadikan kram perut.

Olahraga sehabis makan menjadi penyebab utama kram perut

Kram perut bukanlah sesuatu yang berbahaya, spesialuntuk akan mengganggu program olahraga kita. Apabila terjadi kram perut, istirahat sejenak dan minum air putih akan menyembuhkannya. Namun, apabila terus melanjutkan olahraga padahal sudah terjadi kram perut mampu menjadikan kelainan yang lebih berbahaya.

Kram perut ialah persoalan yang biasa terjadi dikala olahraga, persoalan lain yang kerap muncul ialah ketiruantan pada telapak kaki atau tangan sehabis olahraga. Penyebab ketiruantan ini mampu dilihat pada artikel Ketiruantan Sesudah Olahraga, Apakah Normal?
Tag : fitness, news
0 Komentar untuk "Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga"

Back To Top