Komodo, Monster Asli Indonesia

Varanus komodoensis
Mendengar nama komodo, orang akan langsung ingat dengan kadal besar yang hidup di kepulauan Nusa Tenggara. Komodo (Varanus komodoensis) yakni jenis kadal terbesar yang hidup di pulau hidup di pulau KomodoRincaFloresGili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Panjang tubuh kadal raksasa ini sanggup mencapai 3 m dari ujung kepala hingga ujung buntut. Komodo bukan satwa australis maupun orientalis, dia yakni satwa kawasan peralihan yang spesialuntuk ditemukan di Indonesia (hewan endemik Indonesia).

Komodo sanggup mencapai ukuran yang begitu besar disebabkan  tidak adanya karnivora yang memangsanya di habitat alaminya. Di habitat kawasan tinggalnya tidak terdapat pemangsa besar mirip harimau ataupun anjing hutan sehingga mereka berperan sebagai raja di habitatnya. Komodo tidak memiliki perihalan kecuali dari jenisnya sendiri.

Monster ini begitu ganas, dengan kulitnya yang tebal, cakarnya yang panjang, giginya yang runcing, dan yang paling menciptakannya menakutkan yakni bakteri-bakteri berbahaya yang hidup di mulutnya. Bahkan, penelitian terbaru menyatakan bahwa komodo memiliki kelenjanr racun yang sanggup menghasilkan racun yang sangat mematikan. Beberapa orang dilaporkan mati karena gigitan komodo di pulau Komodo. 

Kerbau liar, salah satu mangsa komodo
Mangsa monster ini yakni mamalia besar mirip rusa, babi hutan, dan kerbau liar. melaluiataubersamaini giginya yang tajam komodo akan menggigit mangsanya dan menunggunya mati sebelum mulai memakannya. Air liur dalam gigitan komodo mengandung 28 jenis kuman berbahaya dan mematikan, satu gigitan pada mangsa sanggup berakibat fatal hingga berujung kematian. Bakteri-bakteri tersebut akan menginfeksi tubuh mangsa yang akan menjadikan mangsa tersebut mati setelah beberapa hari. Sesudah menggigit mangsanya, komodo akan mengikuti kemanapun mangsa tersebut pergi, berharap mangsa tersebut segera mati untuk sanggup segera disantapnya. 

Seperti ular, komodo mencium kedaluwarsa bangkai mangsanya melalui juluran lidahnya. Hewan besar yang mati akan mengundang puluhan komodo untuk hadir dan saling berebut daging, makan sebanyak-banyaknya. Komodo yakni binatang yang aktif disiang hari, penglihatannya sanggup membedakan warna namun kurang baik untuk membedakan benda yang diam. Secara sederhana sanggup dikatakan monster ini lebih jeli melihat benda-benda yang bergerak dibandingkan benda-benda yang diam.

Sebagai monster asli Indonesia, komodo sudah menarikdanunikdanunik perhatian masyarakat dunia. Baru-baru ini pulau Komodo dinobatkan sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia gres yang menjadikan banyak wisatawan mancguagara berhadiran ke pulau Komodo untuk menyaksikan keganasannya.

Tag : biologi, zoologi
0 Komentar untuk "Komodo, Monster Asli Indonesia"

Back To Top