Elang Brontok Yang Gemar Berubah Kostum

Elang brontok fase terang
Elang brontok fase petang



















Elang Brontok (Spizaetus cirrhatus) yaitu burung pemangsa yang masuk dalam famili accipitridae. Burung ini berukuran besar, sekitar 70 cm dari ujung ujung hingga ujung paruh. Dalam bahasa inggris elang ini disebut dengan nama changeable hawk-eagle sebab yaitu warna bulunya sering berubah-ubah. Bulu elang brontok dibedakan menjadi fase petang, fase terang, dan fase peralihan. Burung jantan dan betina memiliki warna yang hampir serupa, spesialuntuk burung betina biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar.

Saat fase petang seluruh tubuh coklat petang dengan garis hitam pada ujung ujung, terlihat kontras dengan pecahan ujung lain yang coklat dan lebih terang. Fase terperinci ditandai dengan tubuh pecahan atas coklat abu-abu petang, tubuh pecahan bawah putih bercoret-coret coklat kehitaman memanjang. Bentuk peralihan terlihat ibarat fase terperinci namun dengan lebih banyak coret-coret kehitaman pada tubuh.

Burung yang gemar memangsa, reptil, burung, dan mamalia kecil ini tersebar luas di India, Asia Tenggara, Filipina, Sumatra Kalimantan, Jawa dan Nusa Tenggara. Karena warna bulunya yang mampu berubah-ubah inilah, menimbulkan burung ini susah dikenali di alam. Dibutuhkan kejelian untuk mampu mengenali dan mengidentifikasi jenis elang brontok.

Tag : ornithologi
0 Komentar untuk "Elang Brontok Yang Gemar Berubah Kostum"

Back To Top