Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013

Langkah-langkah pembelajaran yang sistematis dibutuhkan untuk membuktikan suatu konsep materi kepada siswa. Guru perlu menerapkan konsep pembelajaran yang baik dalam setiap acara belajar-mengajar. melaluiataubersamaini adanya perancanaan yang sistematis pembelajaran dibutuhkan akan mencapai tujuan yang dikehendaki  kurikulum.

Kurikulum 2013 bertumpu pada acara siswa di kelas, guru tidak lagi membuktikan tiruana konsep, namun memmenolong siswa untuk menemukan konsep. Penerapan kurikulum 2013 memerlukan kreatifitas guru dalam acara belajar. Guru dibutuhkan mampu menjadi jembatan antara pengetahuan dan siswa.

Banyak guru belum menerapkan langkah-langkah kurikulum 2013 lantaran yakni merasa kesusahan dalam penerapannya, mungkin lantaran yakni belum terbiasa atau kurangnya informasi. Langkah-langkah dalam kurikulum 2013 menitikberatkan pada keaktifan siswa di dalam kelas. Bagan di bawah ini yakni langkah pembelajaran dalam kurikulum 2013.


Secara umum langkah-langkah tersebut yakni sebagai didiberikut.

Pembukaan
  • Guru mempersembahkan salam pembuka kepada siswa, demikian pula siswa kepada guru.
  • Guru mempersembahkan apersepsi, mengaitkan keadaan sekitar, keadaan siswa, atau pengetahuan pertama siswa dengan ilmu yang akan dipelajari.
  • Guru mempersembahkan pengantar materi berupa materi dasar yang akan memmenolong siswa untuk menemukan konsep dalam acara inti.
  • Guru memdidiberi motivasi berguru kepada siswa.
Kegiatan inti
  • Siswa mengamati segala sumber berguru yang akan mengantarkan siswa menemukan konsep (mengamati tumbuhan, gerak hewan, sinar matahari dsb).
  • Sesudah mengamati akan muncul pertanyaan dalam benak siswa sehingga akan timbul tanya akibat antar siswa untuk memecahkan permasalahan, guru mampu mempersembahkan pertanyaan pertama semoga siswa terpacu untuk berpikir dan berdiskusi dengan siswa lain.
  • Siswa akan menalar peristiwa yang terjadi berdasarkan pemahaman yang mereka ketahui dan menemukan konsep pertama. Guru mampu memmenolong siswa yang kesusahan dalam memahami konsep pertama dengan mempersembahkan penjelasan-penjelasan singkat.
  • Siswa akan mencoba mempraktikkan pengetahuan untuk menemukan konsep pengetahuan (melalui praktikum, mengerjakan soal-soal aplikasi dsb).
  • Kegiatan-kegiatan di atas (Berdasarkan acara interpersonal dan intrapersonal) mengakibatkan siswa mampu mencipta pemahaman berdasarkan pengalaman langsung, membangun kerjasama dengan siswa lain, berkomunikasi aktif, dan mampu mengimplementasikan pemahaman yang mereka peroleh.
Penutup
  • Guru dan siswa menolong-memmenolong menyimpulkan inti dari proses pembelajaran yang sudah berlangsung, merupakakan tahapan untuk menyamakan konsep yang diperoleh tiruana siswa.
  • Guru mempersembahkan motivasi dan ucapan penghargaan lantaran yakni kinerja siswa.
  • Guru mampu mempersembahkan pengayaan.
  • Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup. 

Kegiatan pembelajaran tersebut bertumpu pada aktifitas siswa. Guru dibutuhkan dapat kreatif dalam merencanakan pembelajaran sehingga acara berguru mampu terlaksana dengan baik. Pembiasaan penerapan kurikulum 2013 penting dalam rangka mencapai tujuan dikembangkannya kurikulum ini adalah tercipta lulusan yang berkarakter dalam kurun globalisasi.
Tag : pendidikan
0 Komentar untuk "Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013"

Back To Top