Rahasia Khusus Orang Marifat

 سُبْحَانَ مَنْ سَتَرَ سِرََّ الْخُصُوْصِيَّةِ بِظُهُوْرِ الْبَشَرِيَّةِ وَظَهَرَ بِعَظََمَةِ االرُّبُوْبِيَّةِ فِى اِظْهَارِ الْعُبُوْدِيَّةِ٠ 

“Maha Suci Allah yang sudah menutup rahasia-rahasia khususiyah dengan menampakkan sifat-sifat insan yang umum, dan terang pula keagungan sifat-sifat Rububiyah dalam memperlihatkan sifat- sifat Ubudiyah." 

Rahasia khususiyah ialah hakikat orang-orang yang makrifat yaitu kekhususannya para Waliyullah. Mereka yang maqam makrifatnya kepada Allah sudah mencapai derajat kewalian, Allah swt sudah mengaruniai mereka sifat-sifat khusus, yang tidak sanggup dilihat oleh mata kepala insan yang umum, tetapi sifat-sifat Allah yang Agung dan Mulia nampak dalam sikap hamba-Nya ini pada ibadahnya, akhlaknya, yang tidak menampakkan kewaliannya di hadapan manusia. Manusia umum pun tidak bisa mengetahui sifat-sifat dan keadaan mereka, jikalau bukan hamba yang sudah tinggi maqam makrifatnya. 

Halusnya kekhususan sifat orang taqarrub dan ta'abud-nya kepada Allah swt, sehingga insan biasa mustahil sanggup mengetahuinya. Apalagi orang yang sudah memasuki tingkat waliyullah ini dalam pergaulan tidak beda menyerupai juga insan lainnya. Sehingga mengenal mereka spesialuntuk sanggup nampak pada tingkat ibadahnya kepada Allah swt . Bekas dari ibadah mereka itulah yang diketahui oleh para hamba pada umumnya. Selain itu para waliyullah itu sendiri mempunyai ciri-dn khas berupa akhlaqul mahgampang, keistimewaan yang sanggup dilihat sewaktu - waktu dan dalam keadaan yang sangat mendesak dan sangat dibutuhkan oleh keadaan dan oleh hamba Allah lainnya. Maha Suci Allah yang Maha Halus lagi Maha Memahami. Dia Maha Kuasa atas segala - galanya.
0 Komentar untuk "Rahasia Khusus Orang Marifat"

Back To Top