Sifat Rububiyah?

BERSANDAR KEPADA SIFAT RUBUBIYAH كُنْ بِأَوْصَافِ رُبُوْبِيَّتِهِ مُتَعَلِّقًا وَ بِأَوْصَافِ عُبُوْدِ يَّتِكَ مُتَحَقِّقًا٠ “Bersandarlah kepada sifat-sifat Rububiyah, dan nampaklah sifat-sifat ubudiyah yang sesungguhnya." 

Yang dimaksud sifat Rububiyah ialah sifat ke-Tuhanan yang spesialuntuk dimiliki oleh Allah yang Maha Suci dan Maha Mulia. Sedangkan sifat - sifat Ubudiyah ialah sifat yang dimiliki oleh hamba, yakni sifat insan pada umumnya. 

Bersandar kepada sifat Rububiyah, ialah menyaksikan wujud insan dan kebiasaannya yang ada pada insan itu sendiri, yang tidak sama dengan sifat Allah. Sesungguhnya sifat Allah itu tidak ada persamaannya dengan sifat insani. Manusia itu tidak ada kecuali alasannya adanya Allah, insan itu fana, spesialuntuk Allah yang abadi, tidak ada kemuliaan pada manusia, spesialuntuk Allah yang Maha Mulia, tidak ada yang berkuasa, spesialuntuk Allah yang Maha Kuasa. Tidak ada kekayaan pada manusia, spesialuntuklah Allah yang Maha Kaya, dan sifat-sifat yang Allah yang Maha Mulia dan Maha Suci, insan sanggup memahami sifat Ubudiyahnya sebagai hamba Allah. Sifat insan yang lemah, miskin, serta sifat-sifat yang penuh belum sempurnanya, maka beliau hendaklah mengetahui sifat-sifatnya dengan sesungguhnya, semoga dengan demikian beliau memahami dan menyaksikan sifat kesempurnaan dan kesucian Allah swt. 

Manusia sebagai hamba Allah mempelajari dan memahami sifat Allah sebagai ibadah, semoga menempatkan diri sebagai hamba yang benar-benar bertauhid dan mensucikan Allah pada Dzat dan sifat Nya. Iman kepada Allah hendaklah menjadi budpekerti suci para hamba. Untuk mendalami iman dan mempertinggi keyakinan, insan wajib mempelajari bahkan menghafal sifat-sifat Allah yang tercantum dengan terang dalam "Asmaul husna". Dalam asmaul husna itulah insan akan menemukan Allah yang Maha Melindungi dan Maha Mengampuni hamba-hamba-Nya. 

melaluiataubersamaini memahami asmaul husna yang mengandung sifat - sifat Allah, para hamba diwajibkan bersandar kepada sifat-sifat yang penuh kemuliaan dan keagungan itu. Bahkan diwajibkan berdoa dengan perantaraan asmaul husna sebagai jembatan untuk ber-taqarrub dan dengan demikian Allah akan memenuhi doa dan usul si hamba. melaluiataubersamaini menyebut sifat-sifat Allah dalam doa si hamba sesuai dengan permintaannya, maka Allah swt akan mendengar dan mengabulkan usul si hamba. Itulah keutamaan yang perlu dipahami oleh setiap hamba dalam munajah dan doa-doanya.
0 Komentar untuk "Sifat Rububiyah?"

Back To Top