Yang Bagaimanakah Teman Dan Teman Terbaik?

Sebuah bait syair tentang mitra dan teman bersahabat terbaik berbunyi sebagai diberikut :
 
 مَاصَحِبَكَ اِلاَّ مَنْ صَحِبَكَ وََهُوَبِعَيْبِكَ عَلِيْمٌ وَلَيْسَ ذَلِِكَ اِلاَّّ مََوْلاَكَ الْكَرِيْمُ ٬ خَيْرُ مَنْ تَصْحَبُ مَنْ يَطْلُبُكَ لاَ لِشَىْءٍٍ يََعُوْدُ مِنْْكَ اِلَََيْهِ٠ 

“Bukanlah sobat bersahabat bagimu, kecuali orang yang mau berkawan denganmu dikala ia sudah mengetahui kejelekan dirimu. Tiadalah orang yang ibarat itu kecuali Tuhan yang Maha Pemurah. Sebaik-baik orang yang menjadi kawanmu ialah yang memperhatikan kepentinganmu, bukan alasannya kepentingan yang ia inginkan darimu." 

Teman dan teman bersahabat terbaik, sobat dekatmu yang hakiki ialah orang yang suka memperhatikan kepentinganmu, dan mengatakan kebaikannya untukmu, dan ia berusaha untuk mencari banyak kebaikan untuk kepentinganmu, kesenanganmu dan kemanfaatan untukmu. Walaupun ia bahu-membahu mengetahui kejelekan dan malu darimu, akan tetapi ia berusaha menutupinya dan berusaha memperbaikinya dengan kehalusan kebijaksanaan pekerti. Karena sifat ibarat inilah yang ditunjukkan dan diajarkan Allah swt yang Maha Pemurah kepadamu.

Sahabat terbaikmu ialah mereka yang dalam urusanmu dan kepentingamu selalu diperhatikan, mencarikan dan mengatakan kebaikan itu, serta berusaha mengajakmu ke jalan yang utama. Ia tidak akan meninggalkanmu dalam marabahaya, dan menghindarkan dirimu dari kejahatan. 

Teman dan teman bersahabat terbaik ialah orang yang menangis bersama, bukan yang suka tertawa bersamamu. Carilah sobat bersahabat yang akan menjadi obat dan tidakboleh mencari sobat bersahabat yang berbagi penyakit. Tuntunlah sobat dekatmu apabila ia tergelincir, arahkan apabila ia lupa. 

Mencari sobat bersahabat untuk tertawa memang banyak, akan tetapi menerima sobat bersahabat untuk menangis sangat sedikit.

Itulah filosofi tentang mitra dan teman bersahabat terbaik dalam pandangan islam. Mari berlomba-lomba menjadi mitra dan teman bersahabat terbaik
0 Komentar untuk "Yang Bagaimanakah Teman Dan Teman Terbaik?"

Back To Top