Berikut ialah soal-soal UTS Biologi kelas X untuk SMK Pertanian. Materi biologi untuk SMK lebih sedikit dibandingkan untuk SMA. Untuk menerima soal versi lengkap mampu mendownload pada link yang sudah disediakan.
1. Biologi berasal dari dua kata, yaitu bios yang artinya hidup dan logos
yang artinya...
yang artinya...
a. Ilmu
b. Pengalaman
c. Pengetahuan
d. Penelitian
e. Lambang
2. Cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk tumbuhan disebut...
a. Zoologi
b. Botani
c. Virologi
d. Histologi
e. Ornithologi
3. Bas Van Baleen ialah seorang ilmuwan yang jago dalam seluk beluk
dunia jamur, maka Bas Van Baleen disebut sebagai...
dunia jamur, maka Bas Van Baleen disebut sebagai...
a. Hidrologi
b. Taksonomi
c. Entomologi
d. Mikologi
e. Botani
4. Untuk memecahkan duduk problem hama kutu loncat yang menyerang
tanaman lamtoro gung, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu ....
tanaman lamtoro gung, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu ....
a. melakukan eksprimen
b. mengemukakan teori
c. mengadakan observasi untuk mengumpulkan informasi
d. menyusun hipotesis
e. merumuskan masalah
5. Untuk memecahkan duduk problem hama kutu loncat yang menyerang
tanaman lamtoro gung, langkah yang harus dilakukan sesudah
menyusun hipotesis adalah ....
tanaman lamtoro gung, langkah yang harus dilakukan sesudah
menyusun hipotesis adalah ....
a. melakukan eksprimen
b. mengemukakan teori
c. mengadakan observasi untuk mengumpulkan informasi
d. menyusun kesimpulan
e. merumuskan masalah
6. Dalam pengamatan bunga kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis)
dilakukan pengukuran diameter dan panjang mahkota yang dibuat
pada lokasi tidak sama, di setiap lokasi diambil sampel lima tanaman
yang sama. Dari pengamatan tersebut yang dikatakan
sebagai variabel bebas yaitu ....
dilakukan pengukuran diameter dan panjang mahkota yang dibuat
pada lokasi tidak sama, di setiap lokasi diambil sampel lima tanaman
yang sama. Dari pengamatan tersebut yang dikatakan
sebagai variabel bebas yaitu ....
a. diameter mahkota bunga
b. panjang mahkota
c. lokasi yang tidak sama
d. setiap lokasi lima tanaman
e. bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis)
7. Hal-hal didiberikut mampu digunakan sebagai dasar proteksi terstruktur terkena buatan antara
lain...
lain...
a. persamaan/perbedaan ciri yang ada
b. tempat hidupnya
c. fisiologinya
d. cara perkembangbiakannya
e. tingkah lakunya
8. Berikut ini yang bukan termasuk manfaat mempelajari klasifikasi....
a. untuk menyederhanakan objek
b. menunjukkan kekerabatan kekerabatan makhluk hidup
c. menunjukkan gambaran evolusinya
d. menunjukkan ciri-ciri makhluk hidup
e. memanfaatkan makhluk hidup yang bermanfaa bagi manusia
9. Sistem proteksi terstruktur terkena lima dunia membagi makhluk hidup menjadi kelompok...
a. Monera, protista, bakteria, plantae, animalia
b. Monera, protista, fungi, plantae, animalia
c. Protista, eukarya, fungi, plantae, monera
d. Eukarya, protista, bakteria, animalia, plantae
e. Eukarya, protista, monera, plantae, animalia
10. Berikut ini macam makhluk hidup ...
(1) Manihot utilissima
(2) Hibiscus rosa-sinensis
(3) Solanum tuberosum
(4) Manihot tuberosum
(5) Oryza sativa
Di antara makhluk hidup tersebut, yang paling dekat hubungan
kekerabatannya antara lain....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (1) dan (4)
e. (3) dan (4)
Kunci jawabananan:
1. a 6. c
2. b 7. a
3. d 8. e
4. c 9. b
5. a 10. d
Soal versi lengkap dan kunci jawabananan mampu di download pada link di bawah ini.
Tag :
soal biologi
0 Komentar untuk "Soal Dan Kunci Akhir Uts Biologi Kelas X Semester 1, Smk Pertanian"