Sebaik-Baik Olahraga: Olahraga Memanah Dalam Islam

Islam menganggap penting ketrampilan memanah sebagai olah raga dan persiapan untuk peperangan, Tidak abnormal lagi bagi kita bahwa ketrampilan memanah itu yaitu ketrampilan yang mempunyai daerah berbahaya di dalam peperangan pada masa-masa doloe dan khususnya pada zaman sekarang. Menyerang pasukan yaitu memanah, menembak pesawat yaitu memanah, membidikkan senapan ke arah samasukannya yaitu memanah.

Nabi shallallahu 'alaihi wa saillam sudah menasehati bahwa memanah yaitu salah satu olah raga yang sangat penting dan mempunyai imbas yang dahsyat di dalam medan pertempuran. Dan 'Uqbah bin 'Amir radhiyallaahu 'anhu, dia berkata, saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, dan dia berada di atas mimbar.

"Dan bersiap-siaplah engkau untuk menghadapi mereka (musuh) dengan kekuatan yang engkau sanggup. Ketahuilah bahwa yang dimaksud "kekuatan" itu yaitu memanah. Ketahuilah bahwa yang dimaksud "kekuatan" itu yaitu memanah. Ketahuilah bahwa yang dimaksud "kekuatan" itu yaitu memanah. (Hadits riwayatMuslim)

Beliau bersabda,

"Sesungguhnya Allah memasukkan tiga orang ke syurga dengan satu busur panah: pembuat yang diperkirakan dalam perbuatannya baik, orang yang memanah dan orang yang memdiberi menolongan dengannya. Maka memanahlah, berkudalah, dan memanah itu lebih saya sukai daripada berkuda." (Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud dan selain keduanya)

Dari Salmah bin A1 Akwa' berkata,

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berjalan dengan seseorang yang sudah masuk Islam di sebuah pasar. Maka dia bersabda, "Panahlah Bani Isma’il, alasannya yaitu bahwasanya bapak-bapak kalian yaitu para pemanah. Lepaskanlah panahmu itu, saya bersama bani fulan.”

Kemudian Salmah berkata, Maka, salah seorang dari dua kelompok itu memegang panah mereka, maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Mengapa kalian tidak melepaskan anak panah kalian?" Mereka menjawaban, "Bagaimana kami memanah sedangkan engkau bersama mereka?" Maka Rasulullah bersabda, "Lepaskanlah anak panahmu, saya bersama kalian." (Hadits riwayat Bukhari)

Dalam Islam, permainan memanah ini yaitu permainan yang bermanfaa dan bukan permainan sia-sia yang menghancurkan semangat pasukan. melaluiataubersamaini demikian, kita mendapat bahwa Rasulullah menyukai olah raga memanah sebagai masukana untuk melindungi dirinya. Beliau bersabda,
"Kamu harus berguru memanah, alasannya yaitu memanah itu temasuk sebaik-baik permainanmu." (Hadits riwayat Bazzar dan Ath-Thabarani)
Tag : Pemuda Islam
0 Komentar untuk "Sebaik-Baik Olahraga: Olahraga Memanah Dalam Islam"

Back To Top