Hal Yang Diperhatikan Sebelum Menikah

Ada beberapa wasiat kepada anda sebelum melaksanakan pernikahan untuk memakai harta yang halal sehingga Allah SWT memberkati ijab kabul anda. sepertiyang terdapat dalam sebuah hadits shahih: "Allah SWT baik dari tidak akan mendapatkan sesuatu kecuali hal-hal yang baik. "(H.R. Muslim) 

Ada satu fenomena jelek dan meredupkan rasa malu, yaitu seseorang meminta-minta kepada masyarakat bukan alasannya butuh, tetapi untuk tambahan. Tidak penting baginya kehilangan rasa malunya. Fenomena jelek ini sudah menjadi sumber pekerjaan bagi sebagian orang yang berhati lemah. Masalah ini yaitu realitas jelek bagi si miskin. Bagaimana dengan orang yang meminta menurut atas makar, tipu muslihat dan kebohongan. Nabi SAW bersabda: Barang siapa yang meminta - minta padahal beliau sudah cukup, maka di hari final zaman beliau akan hadir dalam keadaan terusir atau wajahnya dipenuhi oleh kutu. (H.R.Imam Ahmad) 

Dari Abu Hurairah: ''Barangsiapa meminta harta kepada orang lain secara berlebih-lebihan, maka tolong-menolong beliau sedang meminta bara api sedikit atau banyak." (H.R. Muslim) 

Sebagian peminta-minta menemukan Mesjid sebagai kawasan (Ini masih dilakukan di sebagian negara Arab-Edt). Mereka bangkit serta menghentikan bacaan tasbih orang yang lewat dihadapannya dengan keluhan mereka. Hal ini bukan hal yang hina, tetapi saya ingin biar mereka menjadi orang yang afif sebagaimana firman-Nya:

"Orang yang tidak tahu menyangka mereka orang kaya alasannya memelihara diri dari meminta-minta. Kamu kenal mereka dengan melihat sifat-sifat-Nya, mereka tidak meminta kepada orang yang mendesak." (Q.S.A1 Baqarah:273) 

Apabila mereka takut kepada Allah dan bertawakkal, pasti Allah akan mempersembahkan rezeki yang tidak pernah terlintas di hati mereka. Firman Allah SWT: 

"Barang siapa bertakwa kepada Allah, pasti Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memdiberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah pasti Allah akan mencukupkan (keperluannya)." (Q.S. At Thalaq: 2-3) 

Di antara mereka ada orang yang berpengaruh dan bisa bekerja. Dalam sebuah Hadits, Rasulullah SAW bersabda ihwal shadaqah: "Lihat di dalam sedekah kepada orang yang berkecukupan bukan pada orang yang berpengaruh dan pekerja." (H.R.Abu Daud, Nasal dan Ahmad)
0 Komentar untuk "Hal Yang Diperhatikan Sebelum Menikah"

Back To Top