Belajar Identifikasi Burung Dari Suaranya

Saat kita berjalan-jalan di taman atau di hutan untuk mencari burung, seringkali kita mendengar bunyi burung dimana-mana namun tidak melihat burung dimana-mana. Burung kadang bersembunyi di baalik rimbunnya dedaunnan sehingga terkadang lebih mudah mendengar suaranya daripada melihatnya langsung. Dalam keadaan menyerupai ini buku panduan tidak mampu memmenolong seorang pengamat untuk mengidentifikasi jenis burung.

Setiap burung memiliki bunyi nyanyian yang tidak sama-beda yang mampu dijadikan sebagai ciri untuk identifikasi jenis. Namun, identifikasi burung dari suaranya lebih susah daripada identifikasi secara visual. Membutuhkan ketelatenan untuk menghafalkan setiap bunyi burung yang kita dengar. Terkadang satu jenis burung memiliki variasi bunyi yang cukup banyak, hal ini akan menambah kesusahan dalam identifikasi. Karena susahnya inilah, dalam perlombaan-perlombaan pengamatan burung identifikasi dari bunyi kebanyakan tidak diperbolehkan. 

Burung Prenjak memiliki bunyi khas yang menjadi salah satu tanda pengenalnya

Namun susah bukan berarti tidak mampu dipelajari, tiruana mampu dipelajari, spesialuntuk membutuhkan ketelatenanan saja. Berikut ini yakni beberapa tips dalam mengenal dan mempelajari bunyi nyanyian burung, sehingga engkau mampu mengidentifikasi burung dari suaranya.

Hapalkan doloe bunyi nyanyian burung yang umum di sekitarmu
Kita akan lebih mudah menghapalkan bunyi yang sering kita dengar dibandingkan bunyi yang jarang kita dengar. Mulailah tes dengan menghapalkan bunyi nyanyian burung-burung yang banyak di sekitar kita menyerupai bunyi burung gereja, bondol, ataupun burung cinenen. Sesudah engkau hapal suaranya dan mampu mengidentifikasinya spesialuntuk dari suaranya, lanjutkan tesmu dengan burung-burung lainnya.

Fokus pada satu bunyi burung
Terkadang ketika pengamatan dan kita mendengar banyak sekali bunyi burung, kita menjadi gundah bunyi burung apa sajakah itu. Jangan memmembuang energy kalian untuk mendengarkan tiruana bunyi tersebut tapi fokuslah pada satu bunyi saja. Fokus pada bunyi itu, dengarkan baik-baik dan carilah burungnya untuk mengetahui bunyi burung apa itu. Atau kalau engkau didampingi oleh seorang ahli, engkau mampu bertanya kepadanya bunyi burung apakah itu? Ini tentu lebih gampang.

Mendengarkan bunyi nyanyian burung dari rekaman
Saat ini banyak website yang menyediakan bunyi nyanyian burung yang mampu didownload. melaluiataubersamaini adanya kemudahan ini engkau mampu tes medengarkan setiap bunyi dengan menggunakan gadget yang kita miliki.

Telaten dalam mendengarkan
Hal terakhir yang perlu diperhatikan yakni ketelatenan. Apapun kesusahan yang engkau hadapi dalam menghapalkan bunyi nyanyian burung, mampu diselesaikan dengan ketelatenan. Bisa alasannya yaitu biasa itu kata pepatah tua.
Tag : ornithologi
0 Komentar untuk "Belajar Identifikasi Burung Dari Suaranya"

Back To Top